Ranah Teater Tampilkan "Cati" di Padang

id Ranah Teater

Padang, (Antara) - Kelompok Ranah Teater akan mementaskan sebuah pertunjukan berjudul "Cati" di Ladang Tari Nan Jombang Balai Baru, Padang, Sumatera Barat(Sumbar) Senin (5/10) pukul 20.00 WIB.

"Ini adalah pertunjukan seni yang mendapatkan hibah seni inovatif dari Yayasan Kelola," kata penulis naskah dan sutradara, Pinto Anugrah di Padang, Senin.

Menurutnya, naskah "Cati" bercerita tentang tokoh di Minangkabau yang luput dari pandangan banyak orang, yaitu Cati Bilang Pandai.

"Tokoh ini adalah salah satu tokoh intelektual dalam Tambo(Sejarah) Minangkabau, tetapi tidak banyak orang yang membahasnya sehingga terkesan menjadi tokoh misterius," kata lulusan master di Universitas Gadjah Mada tersebut.

Anugrah "curiga" bahwa jangan-jangan sejarah Minangkabau yang berbentuk lisan itu pertamasekali diciptakan oleh tokoh Cati.

Namun, dia tidak hanya menceritakan tokoh itu dari sudut kehebatannya saja. Cati malah akan dibenturkan dengan realitas hari ini. Dalam pementasan itu, ia akan mempertanyakan kehadiran Cati di dunia ini.

"Pementasan ini hanya akan memakai empat pemain. Mereka adalah pemain yang konsisten sejak awal proses latihan," kata dia.

Sementara salah seorang pemain, Robi Satria mengatakan, untuk pementasan tersebut, latihan dilakukan tiga kali seminggu bahkan dalam beberapa kesempatan pernah enam kali seminggu.

Pimpinan Produksi, Fariq Alfaruqi mengundang penonton dan pemerhati pertunjukan seni pertunjukan di sumbar untuk menyaksikan pementasan tersebut.

"Rencananya, usai pertunjukan akan dilanjutkan dengan diskusi untuk mendapatkan masukan yang konstruktif untuk pertunjukan ke depan, katanya.

Pertunjukan "Cati" merupakan produksi ketujuh dari Ranah Teater yang berdiri sejak 2007. Dari segi kuantitas, jumlah itu masih belum maksimal, tetapi karena mengejar kualitas, anggota Ranah Teater menilai jumlah itu sudah cukup banyak.

Dari tujuh produksi Ranah Teater, Cati adalah pertunjukan pertama yang mendapat hibah dari Yayasan Kelola.

Selain di Padang, pertunjukan teater itu juga akan dipentaskan di Rumah Gadang Suku Bendang Sungai Tarab Batusangkar pada 9 Oktober 2015. (*)