Jamaah Lewati Pendeteksi Suhu Tiba di Asrama Haji

id haji, pendeteksi, suhu

Padang, (AntaraSumbar) - Jamaah haji Debarkasi Padang yang tiba di Asrama Haji Tabing harus melewati pendeteksi suhu atau thermal scaner untuk mengantisipasi kemungkinan tertular penyakit dari Tanah Suci.

"Ini dilakukan untuk memastikan suhu tubuh normal, jika ada indikasi panas dapat diambil langkah antisipasi lebih cepat," kata Kepala Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang dr Aryanti di Padang, Senin.

Menurut dia Arab Saudi merupakan daerah endemis beberapa penyakit seperti meningitis dan virus onta oleh sebab itu jamaah yang baru tiba harus diperiksa dengan pendeteksi suhu memastikan tidak tertular .

"Jika ada jamaah yang suhu tubuhnya terdeteksi normal akan dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh tim medis di poliklinik Asrama Haji Tabing," ujarnya.

Ia mengatakan kalau ditemukan ada gejala dapat diambil tindakan yang lebih awal untuk mencegah dampaknya dengan memberikan pengobatan.

Pendeteksi suhu berbentuk kamera yang akan mendeteksi suhu tubuh seseorang di pasang di pintu masuk Aula Asrama Haji Tabing.

Selain itu 30 menit sebelum pesawat mendarat petugas kesehatan pada masing-masing kloter akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh jamaah menggunakan thermometer yang dilengkapi sinar infra merah .

Aryanti mengatakan jika ada jamaah yang sakit dan harus dirawat selagi belum pulang maka masih menjadi tanggung jawab panitia haji, namun kalau sudah kembali ke rumah akan menjadi tanggung jawab pribadi.

"Yang penting harus menyimpan kartu kewaspadaan kesehatan jamaah haji sebagai bukti baru menunaikan haji," ujar dia.

Kepada jamaah yang baru tiba ia mengimbau untuk banyak beristirahat, mengonsumsi air putih dan makanan bergizi untuk memulihkan kondisi tubuh setelah bepergian cukup jauh dalam waktu lama.

Jamaah haji kelompok terbang I Debarkasi Padang dijadwalkan akan tiba dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman pada Selasa 29 September 2015 pukul 14.40 WIB.

Tiba di Bandara Internasional Minangkabau, seluruh jamaah akan dibawa ke Asrama Haji Tabing untuk kemudian dilepas secara simbolis kepada panitia daerah, kata Sekretaris PPIH Debarkasi Padang Damri Tanjung.

Ia menyampaikan tiba di asrama haji, jamaah yang ingin langsung pulang ke daerah masing-masing dipersilahkan dan bagi yang ingin menginap panitia akan memfasilitasi.

Selain itu, masing-masing jamaah akan memperoleh air zam zam sebanyak lima liter yang dibagikan di asrama haji, kata dia.

Sementara Ketua Komisi V DPRD Sumbar Bidang Kesejahteraan Mockhlasin berharap panitia tetap bekerja maksimal mengelola proses kepulangan jamaah haji. (*)