Kabut Asap Sebabkan Pengendara Transportasi Air Tersesat di Tembilihan

id kabut asap, tembilihan

Tembilahan, (AntaraSumbar) - Pekatnya kabut asap yang masih menyelimuti lingkungan wilayah Kabupaten Indragiri Hilir khususnya Kota Tembilahan, Provinsi Riau, menyebabkan sejumlah pengendara transportasi air tersesat karena kesulitan dalam menentukan arah dan tempat singgah.

"Semakin hari kondisi kabut asap semakin pekat dan hal ini sangat mengganggu aktifitas kami di perairan karena jarak pandang

hanya tinggal beberapa meter saja. Meski tidak ada kecelakaan namun kami sedikit sulit menjangkau pelabuhan dan beberapa kali salah arah," kata salah satu supir transfortasi air jenis speedboat Amat kepada Antara di Tembilahan, Senin.

Dia menyampaikan bahwa sebelumnya ia bersama rekanan lainnya cukup berwaspada dan mengurangi kecepatan transportasi air namun karena kondisi kabut asap yang tidak kunjung mereda saat ini pihaknya harus lebih berhati-hati dalam menentukan arah.

"Sebelumnya jarak tempuh kami melambat karena kecepatan speedboat dikurangi, namun sekarang ini sudahlah kecepatan dikurangi pelabuhan yang kami tuju juga sering kali terlewat," jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa semestinya speedboat yang dikendarainya harus menepi di pelabuhan pasar Tembilahan, tetapi seringkali terlewat hingga sampainya ke parit 11, selain itu speedboat juga dapat tersesat ke parit 15 Tembilahan.

"Kami juga pernah tersesat hingga sampai ke perusahaan minyak dan di pepohonan tepian sungai," paparnya.

Supir transportasi air lainnya, Emi mengakui bahwa dirinya juga mengalami hal yang serupa, dan menurut dia kondisi ini sudah sangat berbahaya dan rentan terjadi kecelakaan.

"Dengan kondisi seperti ini kami khawatir terjadi tabrakan antara speedboat dengan speedboat lain maupun transportasi air berupa pompong yang melakukan penyeberangan," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komonikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Indragiri Hilir Tantawi Zauhari saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya telah mengimbau kepada para supir kendaraan laut agar berhati-hati dan lebih melengkapi sarana maupun sarana keselamatan baik berupa pelampung maupun kompas sebagai penunjuk arah.

"Diharapkan kepada supir speedboat agar lebih waspada dan berhati-hati dalam mengoperasikan kendaraannya," katanya.

Kabupaten Indragiri Hilir adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia dengan luas sekitar 11.606 km dan jumlah penduduk 759.793 (2014). Kabupaten ini terdiri dari 20 kecamatan, namun yang dapat dilalui melalui jalur darat hanya enam kecamatan. (*)