Bukittinggi Tampilkan Atraksi Kesenian Daerah Saat TdS

id #bukittinggi#kota#tds

Bukittinggi, (Antara) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) telah merencanakan menampilkan atraksi kesenian daerah pada start etape VI Tour de Singkarak (TdS) 2015 yang akan berlangsung 8 Oktober 2015.

"Kami menyuguhkan atraksi kesenian daerah di kawasan Jam Gadang pada para pembalap yang dimulai dari jam 08.00 WIB," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bukittinggi Melfi Abra di Bukittinggi, Jumat.

Ia mengatakan atraksi kesenian mengutamakan perpaduan alat musik tambua, talempong pacik, gandang, pupuik tanduk dan perkusi yang ditampilkan oleh kelompok musik anak-anak dan Jam Gadang Percussion serta diawali dengan penampilan silat gelombang panjang.

Selain itu, Pemkot Bukittinggi juga mengerahkan pelajar yang berada pada titik stategis rute yang dilewati pembalap untuk berpartisipasi memeriahkan iven TdS 2015.

"Pelajar akan membunyikan alat-alat musik kesenian daerah di sekitar lokasi sekolah atau di persimpangan jalan menuju sekolah saat pembalap TdS melewati lokasi tersebut," kata dia.

Selain itu pelajar lainnya juga akan menyambut peserta TdS dengan mengibarkan bendera-bendera kecil di tangan mereka.

Sementara Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bukittinggi akan menyelenggarakan iven Minangkabau Travel Mart dalam rangka memeriahkan TdS.

"Kami akan mengundang seluruh pemilik agen travel di Indonesia dan beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura untuk melaksanakan iven wisata pada 11 - 14 Oktober dalam rangka ikut memeriahkan TdS," kata Sekretaris PHRI Kota Bukittinggi Syafril.

Ia mengatakan rombongan TdS akan menginap di kota berhawa sejuk itu selama tiga malam mulai pada 6 hingga 8 Oktober dan membutuhkan sebanyak 260 kamar.

"Kami dan seluruh pihak terkait termasuk seluruh pemilik hotel di Bukittinggi siap menyambut rombongan TdS serta memberikan pelayanan fasilitas maksimal," ujar dia.(c)