Pebalap TdS di Pariaman Tempuh 25,8 Kilometer

id Pebalap TdS

Pariaman, (Antara) - Para pebalap Tour de Singkarak (TdS) yang akan melintasi Kota Pariaman, Sumatera Barat, akan menempuh rute sepanjang 25,8 kilometer, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Efendi Jamal di Pariaman, Jumat.

Pada TdS tahun ini Kota Pariaman mendapatkan etape pertama, star di Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan dan 'finish' di Pantai Gandoriah Pariaman.

Ia meneruskan, untuk pengamanan Pemerintah Kota Pariaman sudah melakukan koordinasi dengan pihak TNI, kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Selain itu, Pemkot juga akan melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Pemkot melalui Disbudpar sudah mengirimkan surat serta melakukan imbauan dan penegasan kepada seluruh camat dan kepala desa se-kota itu agar membersihkan jalan seperti lobang da tumpukan material yang masih ada.

Jalan utama yang nantinya akan disterilkan dan menjadi rute TdS adalah Desa Sungai Sariak kemudian ke Simpang Jagung menuju Simpang Lapai, kemudian menuju Desa Simpang Apar dan diarahkan ke Kampung Pondok.

Seterusnya rute akan dilanjutkan di sepanjang jalan Kampung Jawa I, kemudian diarahkan ke jalan Sudirman yang dilanjutkan ke Pantai Kata dan 'finish' di Pantai Gandoriah.

"Untuk tempat istirahat kita akan mempersiapkan tenda yang mengarah ke laut khusus bagi para pebalap," jelasnya.

Dikatakan Efendi, bagi pengunjung yang datang baik dari dalam maupun luar negeri, tempat penginapan di kota itu sudah ada namun tidak ada yang berlevel internasional.

"Sampai saat ini, daerah kita belum memiliki hotel dan penginapan yang berbintang lima, namun untuk pengunjung ada beberapa alternatif penginapan," tambahnya. (*)