Pemkab Serahkan Induk Ikan Kepada 25 UPR

id Bantu Induk Ikan 25 UPR

Lubuk Basung, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyerahkan bantuan sebanyak 25 paket induk ikan jenis nila unggul kepada 25 Unit Pembibitan Rakyat (UPR) yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam, Ermanto di Lubuk Basung, Senin, mengatakan ke 25 paket induk ikan ini diserahkan kepada UPR yang tersebar Kecamatan Ampek Nagari, Lubuk Basung, Palembayan dan Tanjung Raya.

"Bantuan bibit ikan ini bertujuan untuk menjamin kualitas bibit ikan di Kabupaten Agam," katanya.

Bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Agam 2015 sebanyak 10 paket dengan dana Rp150 juta.

Sementar bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar sebanyak 15 paket. Setiap paket dengan jumlah induk sebanyak 300 ekor betina dan 100 ekor jantan.

"Bibit ikan ini berasal dari Balai Perikanan Air Tawar (BPAT) Sukabumi," katanya.

DKP Kabupaten Agam juga memberikan pakan ikan sebanyak 75 kilogram kepada setiap kelompok yang menerima bibit ikan ini.

Pada 2014 DKP Kabuaten Agam menyerahkan sebanyak 20 paket induk ikan.

Induk ikan ini maksimal dipijahkan selama dua tahun, setelah itu diganti dengan induk baru agar kualitas bibit yang dihasilkan lebih baik.

Saat ini Kabupaten Agam membutuhkan lokasi pemasaran bibit ikan, karena produksi bibit ikan Kabuaten Agam sekitar 250 juta ekor per tahun.

Bibit ikan ini berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) Gumarang Kecamatan Palembayan, BBI Lubuk Basung dan 429 UPR yang ada di daerah itu. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar