PPDI Harapkan Pemkot Padang Bangun Trotoar Disabilitas

id Trotoar, Disabilitas

Padang, (AntaraSumbar) - Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang mengharapkan pemerintahan Kota (Pemkot) setempat bisa membangun trotoar bagi penyandang disabilitas di kawasan Jalan Permindo.


"Harapan kami ada jalan yang khusus diperuntukkan bagi kami di kawasan ini," kata Ketua PPDI Kota Padang, Icun Sulhadi di Padang, Rabu.


Pada 9 Maret 2015, Pemkot Padang sudah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang disabilitas dan rencananya, kawasan Permindo akan dijadikan sebagai kawasan yang ramah disabilitas.


Icun mengatakan, kawasan tersebut belum ramah disabilitas, karena masih banyak di atas trotoar berdiri lapak-lapak Pedagang Kaki Lima (PKL).


"Tapi kami lihat hingga sekarang kawasan tersebut, masih berdiri puluhan PKL," paparnya.


Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang melalui Kabid Pengembangan dan Perencanaan, Fadelan menjelaskan hal itu baru bisa terealisasi pada 2016.


Hal itu katanya disebabkan keterbatasan dana untuk memulai pembangunan, karena pada 2015 juga menghabiskan anggara sekitar Rp1 miliar untuk membangun dua trotoar yang rata di kawasan Permindo dan Veteran.


"Jalan untuk penyandang disabilitas di kawasan permindo belum bisa beroperasi dengan maksimal, karena banyak proses yang harus kami lalui," jelasnya.


DPU optimis dan menargetkan untuk segera menyelesaikan pengerjaan kawasan disabilitas tersebut.


Ia juga meminta agar pemilik toko, PDAM, serta Telkom bisa diajak bekerjasama dalam mengembangkan kawasan ramah disabilitas tersebut.


"Karena kawasan Permindo tidak terlalu panjang, jadi kami optimis akan segera menyelesaikannya," tambahnya. (*)