Wabup Minta Jembatan Koto Panjang Selesai Tepat Waktu

id Minta Jembatan Koto Panjang

Batusangkar, (Antara) - Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mengharapkan pembangunan Jembatan Koto Panjang di Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, dapat selesai tepat waktu.

"Kalau pembangunan Jembatan Koto Panjang selesai tepat waktu akan dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar," katanya saat meninjau lokasi di Nagari Tigo Jangko, Jumat.

Ia menyebut jembatan ini dapat memperlancar transportasi sehingga akan menurunkan biaya operasional mengangkut hasil pertanian setempat.

Selain itu, sarana jalan ini dapat membuka aksesibilitas dan keterisolasian daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Sijunjung.

"Bila pembangunan jembatan Koto Panjang ini selesai tepat waktu maka masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya," katanya.

Wabup meminta dinas terkait untuk serius memperhatikan kualitas jembatan, sehingga dapat bertahan lama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tanah Datar Thamrin mengatakan pembangunan Jembatan Koto Panjang ini dimulai pada 2011 hingga 2015 dengan anggaran Rp13,12 miliar.

"Sesuai rencana jembatan ini akan selesai pada November 2015," katanya.

Ia menjelaskan Jembatan Koto Panjang memiliki panjang 90 meter yang terdiri atas jembatan rangka 60 meter dan komposit 30 meter. Jembatan itu menghubungkan Nagari Tigo Jangko dengan Nagari Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung.

Jembatan Koto Panjang ini dibangun sebagai pengganti jembatan gantung sepanjang 106 meter. Kondisi jembatan gantung mengalami kerusakan di beberapa titik sehingga tidak mampu lagi memikul beban lebih dari 4 ton.

Sementara jembatan Koto Panjang dapat memikul beban lebih dari 8 ton dengan konstruksi yang lebih baik dari sebelumnya.

Ikut bersama wabup meninjau lokasi jembatan Camat Lintau Buo Irwan Rahman, Kapolsek, Walinagari Tigo Jangko Indra Gunalan serta tokoh masyarakat Haji May. (*)