Kapolri Minta Kapolda Antisipasi Pilgub Sumbar

id Badrodin Haiti

Kapolri Minta Kapolda Antisipasi Pilgub Sumbar

Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti (Antara)

Padang, (Antara) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Badrodin Haiti meminta Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat agar mengantisipasi pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) setempat.

"Pilgub Sumbar 2015 harus diantisipasi, karena pasangan calon yang maju hanya dua (head to head)," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kepolisian Daerah Sumbar di Kota Padang, Senin malam.

Dalam keadaan 'head to head' dikhawatirkan terjadi hal-hal di luar dugaan dan biasanya terbilang rawan, namun Badrodin tetap percaya bahwa daerah Sumbar termasuk daerah yang aman.

"Kami berharap agar tren itu tetap bisa dipertahankan. Salah satunya dalam Pilgub nanti," jelasnya.

Ia mengimbau para calon yang akan maju dapat menciptakan suasana kondusif bersama dengan pendukung masing-masing.

"Ini adalah pelaksanaan Pemilu serentak dengan jumlah daerah yang banyak. Provinsi Sumbar akan menggelar pemilihan kepala daerah untuk 13 kabupaten/kota dan satu pemilihan gubernur, maka harus disukseskan bersama," kata Badrodin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar juga telah melakukan penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat melalui rapat pleno terbuka, di Padang, Selasa (25/8).

Dalam pengundian nomor urut, pasangan Muslim Kasim-Fauzi Bahar mendapatkan nomor urut satu, sedangkan pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit nomor urut dua. Pleno dipimpin langsung oleh Ketua KPU Sumbar Amnasmen.

Muslim Kasim-Fauzi Bahar adalah pasangan calon gubernur yang diusung oleh koalisi Partai NasDem, PDI Perjuangan, PAN, dan Partai Hanura, sedangkan Irwan Prayitno-Nasrul Abit diusung oleh koalisi PKS dan Gerindra.

Pada bagian lain mengenai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015, terdapat 13 kabupaten/kota yang melaksanakan. Yaitu Kabupaten Agam, Pasaman Barat, Pasaman, Tanah Datar, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, dan Pesisir Selatan. Sedangkan untuk kota yaitu Kota Bukittinggi, dan Kota Solok. (*)