Agam Bersihkan Pantai Lestarikan Biota Laut

id agam, bersihkan, pantai

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam akan membersihkan Pantai Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, dari limbah rumah tangga dalam rangka melestarikan biota laut yang ada perairan itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam Ermanto di Lubuk Basung, Senin, mengatakan, program untuk membersihkan pantai ini akan dilakukan pada awal September 2015.

"Kami akan melibatkan pelajar, tokoh masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Satpol PP dan lainnya," katanya.

Dengan program ini, tambahnya, maka masyarakat yang berada di sepanjang garis pantai akan peduli terhadap kebersihan pantai ini.

"Ini yang kami harapkan dengan program tersebut, karena kondisi Pantai Tiku saat ini dipenuhi oleh limbah rumah tangga," katanya.

Ermanto menambahkan, program untuk membersihkan pantai ini dalam menjaga kelestarian dari biota laut seperti terumbu karang yang ada di perairan Tiku, karena limbah rumah tangga ini dapat mengakibatkan terumbu karang akan mati.

Saat ini, katanya, sekitar 10 hektare dari 48 hektare terumbu karang yang ada di perairan Tiku mengalami rusak akibat limbah rumah tangga.

Lalu, penyu tidak mau bertelur di Pulau Ujung dan Pulau Tangah yang ada di perairan Tiku tersebut.

Selain itu, ikan hidup di muara akan punah dengan banyaknya limbah tersbut.

"Ini merupakan risiko apabila limbah rumah tanga terlalu banyak di perairan itu," katanya.

Tempat terpisah, anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Lingkungan DPRD Agam Yuspidar mendukung program yang dilakukan oleh DKP setempat, sehingga biota laut akan berkembang dengan baik, pantai juga bersih dan wisatawan akan nyaman saat berada di pantai tersebut.

"Kami sangat mendukung program ini dalam melestarikan biota laut dan daya tarik pengunjung," katanya. (*)