Tafdil Husni Terpilih sebagai Rektor Unand 2015-2019

id Tafdil, Husni, Rektor, Unand

Logo Universitas Andalas.

Padang, (AntaraSumbar) - Guru Besar Ekonomi Prof Tafdil Husni terpilih sebagai rektor baru Universitas Andalas (Unand) Padang 2015-2019 dalam pemilihan rektor tingkat senat serta Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti), Kamis.

"Tafdil Husni mampu mengalahkan petahana Werry Darta Taifur dan Dekan Kedokteran Masrul dalam pemilihan yang diikuti oleh 76 anggota senat dan 1 perwakilan kementerian," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unand Firman Hasan, di Padang.

Dia menyebutkan dalam pemilihan tersebut Tafdil mendapat 51 suara mengalahkan Werry Darta Taifur dengan 40 suara serta Masrul 21 suara.

Dekan fakultas Ekonomi tersebut mulai akan menjabat sebagai rektor baru Unand pada November mendatang setelah turunnya SK Kemenristek- Dikti.

"Secara keseluruhan Tafdil Husni berhasil mengalahkan enam kandidat lainnya," katanya.

Keenam kandidat tersebut katanya, yakni Fasbir Noer dan Jafrinur di Putaran pertama atau pemilihan tingkat dosen.

Kemudian Uyung Gatot, Marlina, Masrul dan Werry Darta Taifur pada putaran kedua dan ketiga.

"Secara keseluruhan pemilihan rektor tahun ini berjalan lancar dan adil," kata Firman.

Mulai dari verifikasi, pemilihan tingkat dosen, pemilihan tingkat senat hingga menteri saat ini.

Hampir lebih seribu dosen ikut berpartisipasi dalam pemilu ini baik itu sebagai pemilih, maupun panitia.

Selain itu katanya, apresiasi juga diberikan kepada tenaga kependidikan, satpam dan mahasiswa yang telah menjaga keamanan selama pemilihan berlangsung.

Sementara itu salah seorang mahasiswa Unand Bayu menyayangkan kekalahan petahana Werry Darta Taifur sebab menurutnya selama ini telah memberikan banyak prestasi untuk Unand.

Beberapa prestasi yang pernah diraih katanya, Akreditasi A, juara 4 Green Metric nasional, hingga membuka berbagai kerja sama dengan dunia internasional seperti munculnya American Corner dan Warung Prancis.

Meskipun begitu dia berharap rektor yang baru terpilih Tafdil Husni mampu meneruskan prestasi yang telah diraih Unand sebelumnya.

"Jangan sampai nama Unand yang telah harum tersebut, tercoreng karena tidak bagusnya kepemimpinan," ucapnya. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar