Pemkot Pariaman Beri Pelatihan 25 Pemandu Wisata

id Pelatihan Pemandu Wisata

Pariaman, (Antara) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memberikan pelatihan pemandu wisata bagi 25 orang calon pemandu wisata di kota itu.

Wali Kota (Wako) Pariaman, Mukhlis Rahman di Pariaman, Selasa, mengatakan pelatihan yang diberikan tersebut merupakan suatu langkah yang sejalan dengan visi misi Kota Pariaman untuk menjadikan kota itu sebagai tujuan wisata.

"Pemandu wisata harus memiliki pengetahuan yang luas, dan kaya akan ilmu untuk ditransformasikan kepada wisatawan yang datang," kata dia.

Ia meneruskan, Pariaman merupakan suatu wilayah yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Sumbar. Karena itu fokus pemerintah setempat saat ini pada sektor pariwisata.

Sebelumnya, pada 2014 sudah ditetapkan 35 pemandu wisata yang siap melayani dan mengarahkan para pelancong yang ingin ke daerah itu.

Jika ingin memajukan dan mengembangkan potensi daerah, khususnya pariwisata maka masyarakatnya juga harus bisa membangun jiwa pariwisata.

"Masyarakat harus mau diatur untuk memajukan daerah kita, jika tidak semua tidak akan berjalan baik," ucap dia.

Dikatakan, pelayanan dan pengetahuan tidak hanya terfokus kepada calon pemandu wisata saja. Namun hal tersebut juga hendaknya dilakukan bagi semua masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Efendi Jamal mengungkapkan, pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari 25 hingga 26 Agustus.

Salah satu tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan kota itu sebagai kota tujuan wisata.

Selain itu juga untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap melayani siapa pun yang datang

melancong ke daerah itu. (*)