Gajah Mada Jakarta Juara Umum DBI Padang

id Dragon, boat, Padang

Padang, (AntaraSumbar) - Tim Gajah Mada Jakarta menjadi juara umum Festival Padang International Dragon Boat (DBI), dengan memperoleh tiga emas, satu perak dan satu perunggu.

"Dengan menjadi juara umum, Tim Gajah Mada Jakarta akan meraih tropy bergilir Padang International Dragon Boat," kata Koordinator Pelaksana DBI, Afdalman di Padang, Minggu malam.

Ia mengatakan, tim Gajah Mada Jakarta meraih tiga emas pada nomor 22 pendayung putra, 22 pendayung campuran dan 12 pendayung campuran. Sementara untuk perak diraih pada nomor 12 pendayung putri dan perunggu di nomor 12 pendayung putra.

Posisi kedua yang meraih medali terbanyak adalah negara Philipina dengan dua emas di nomor 12 pendayung putri dan 12 pendayung antar-bangsa, serta tiga perak di nomor 22 pendayung campuran, 12 pendayung putra dan 12 pendayung campuran.

"Selain mendapatkan medali, para juara akan mendapatkan sejumlah uang nantinya," katanya.

Pemberian tropi bergilir untuk juara umum, serta hadiah untuk pemenang lainnya dilakukan pada malam penutupan DBI, Minggu (24/8) oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengucapkan selamat kepada tim Gajah Mada Jakarta yang telah berhasil menjadi juara umum, serta tim pemenang lainnya.

"Alhamdulillah tim dari Indonesia, yaitu Gajah Mada Jakarta menjadi tim paling banyak memperoleh medali dan menjadi juara umum," paparnya.

Menurutnya, DBI tahun 2015 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dengan lebih banyak peserta yang mengikutinya dari tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 33 tim yang terdiri dari 910 atlet dayung dalam negeri maupun luar negeri.

Mahyeldi berharap tahun depan pelaksanaan DBI lebih menarik lagi dari tahun ini dan jumlah pesertanya akan lebih banyak.

"Kami menekankan kepada panitia bahwa pelaksanaan DBI tidak boleh sama dari tahun-tahun sebelumnya, harus ada hal baru yang ditampilkan," jelasnya. (*)