Podsi Sumbar Juara Pertama No.22 Pendayung Putri

id Festival Dragon Boat

Padang, (Antara) - Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Sumatera Barat (Sumbar), tampil menjadi juara pertama dalam nomor 22 pendayung putri di hari pertama Festival Padang International Dragon Boat (PIDB), Kamis (20/8) dengan catatan waktu 4 menit 39 detik.

"Untuk nomor 22 pendayung putri sudah final dan dimenangkan oleh Podsi Sumbar, diikuti oleh Podsi Pelalawan Riau dan juara ketiga ditempati oleh Podsi Kota Padang," kata Ketua Panitia Pelaksana Teknis PIDB, Afdalman di Padang, Kamis malam.

Ia mengatakan, penyerahan medali untuk para juara dalam nomor 22 pendayung putri, dilakukan pada malam itu juga.

Penyerahan medali emas dilakukan oleh Wakapolda Sumbar, Kombespol Nur Afiah, medali perak diserahkan oleh Herberlian dan medali perunggu diserahkan oleh Kadispora Padang, Suardi Junir.

Ia menjelaskan, pada hari ini ada empat nomor yang dipertandingkan, yaitu 12 pendayung putra antar kesatuan, 22 pendayung putri, 12 pendayung putri dan 12 pendayung campuran.

"Untuk 12 pendayung putra antar kesatuan, sudah sampai semi final dan rencananya penyerahan mendali akan dilakukan pada hari Jumat malam setelah acara pembukaan," paparnya.

Afdalman menjelaskan, dalam acara dragon boat ini panitia selalu berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Sumbar, untuk memantau ketinggian air.

Pertandingan baru bisa dilaksanakan dengan kondisi air diatas 0,6 meter, jika kondisi air dibawah itu terpaksa pertandingan harus ditunda untuk sementara waktu.

"Hari pertama belum ada kendala, hanya saja kita harus perhatikan kondisi air. Takutnya perahu akan bocor dan terbalik jika kondisi air terlalu rendah,"jelasnya.

Festival Padang International Dragon Boat XIII tahun 2015 diikuti oleh 33 tim dayung termasuk peserta dari luar negeri. Peserta dari luar negeri terdiri dari Malaysia, Filiphina, Hongkong dan Singapura.

Pelatih Podsi Sumbar, Esneti mengatakan dengan keberhasilan anak asuhnya di nomor 22 pendayung putri bisa diikuti dengan keberhasilan di nomor yang lainnya.

"Kami menargetkan bisa merebut tiga gelar dalam festival PIDB ini. Untuk itu kami meminta agar pemain dapat maksimal dalam nomor lainnya,"katanya. (*)