Ribuan Warga Tanahdatar Saksikan Pawai Alegoris

id Pawai Alegoris

Batusangkar, (Antara) - Ribuan warga Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat menyaksikan pawai alegoris dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 yang dipusatkan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Selasa.

Ketua Panitia HUT RI, Helfi Rahmi Harun di Batusangkar, mengatakan masyarakat datang ke pusat untuk dapat menyaksikan peserta pawai yang terbagi dalam kelompok-kelompok Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Datar, Kodim, Polres, Taman Kanak-kanak, SD, SMP, SMA, SMK, organisasi dan lainnya.

"Setiap kelompok menampilkan atraksi kesenian yang menggunakan pakaian daerah dan menghiasi kendaraan yang digunakan," katanya.

Pawai alegoris yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut star di depan Lapangan Cindua Mato Batusangkar dimana tenda kehormatan berada di Pasar Batusangkar menuju jalan Malana - Jati - Kampung Teleng dan berakhir di Gedung Indo Jolito.

"Pawai alegoris ini merupakan akhir rangkaian kegiatan peringatan HUT RI, dimana sebelumnya panitia telah mengadakan berbagai lomba," katanya.

Ia menyeut peringatan HUT RI tahun 2015 ini diisi dengan 13 jenis lomba diantaranya sepak takraw, bola volli, tenis meja, tenis lapangan, futsal, bulutangkis, tarik tambang, tangkelek panjang, pacu karung.

Kemudian, gerak jalan tepat waktu, gerak jalan indah, pengucap Pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri, drumband, MTQ antar SKPD dan lomba K3 rumah makan, hotel dan penginapan.

Sementara itu, Bupati M. Shadiq Pasadigoe mengatakan suksesnya rangkaian kegiatan ini bukti kekompakan SKPD Tanah Datar, TNI, Kepolisian, pelajar, dan elemen masyarakat lainnya.

"Kita bangga dengan keterlibatan seluruh komponen masyarakat yang menunjukan semangat berbangsa dan cinta tanah air masih menggelora," katanya.

Selain itu, tumpah ruahnya masyarakat menyaksikan pawai alegoris ini dapat menambah pendapatan bagi para pedagang makanan, minuman, dan aksesoris HUT RI. (*)

Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar