Legislator: HUT RI Momentum Perhatikan Ekonomi Rakyat

id HUT RI Momentum Perhatikan Ekonomi Rakyat

Padang, (Antara) - Wakil DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Arkadius mengatakan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke -70 sebagai momentum untuk memperhatikan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Walaupun banyak sekali dinamika yang terjadi dalam suatu masa pemerintahan, namun yang namanya pertumbuhan ekonomi Masyarakat tidak dapat dikesampingkan," ujarnya di Padang Senin.

Ia mengatakan, apalagi pada situasi saat ini peningkatan pajak yang dibarengi dengan turunnya harga rupiah, hal tersebut akan memberi dampak pada dunia usaha.

"Setidaknya pemerintah bisa mengambil langkah strategis untuk memperhatikan nasib kalangan usaha yang ada pada daerahnya masing-masing. Langkah ini juga dapat menekan angka pengangguran," ujarnya.

Menurutnya, Sumbar harus mendorong penyerapan APBD sebagai penyokong peningkatan ekonomi masyarakat, jika memang terjadi kelesuhan pada dunia usaha.

Cara lain yang bisa ditempuh, kata dia, dengan memberikan insentif dan kepastian hukum kepada kalangan dunia usaha.

"Dengan cara tersebut nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan dan kesempatan usaha, jika itu terjadi maka pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat meningkat," ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI daerah pemilihan Sumbar Hermanto berpendapat dengan momentum peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke -70 sudah saatnya mempersempit kesenjangan pembangunan yang terjadi antara kota dengan desa.

Peringatan HUT RI ke-70 meski dilihat dari konteks pembangunan desa karena hakekat pembangunan nasional berbasis desa dan sejauh ini kondisinya masih tertinggal, kata dia. (*)