Kemenperin Canangkan Beli Tomat Lokal

id beli, tomat, lokal

Jakarta, (AntaraSumbar) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mencanangkan gerakan beli tomat lokal dari petani, dengan menyediakan 2 ton tomat segar di lobi gedung kantornya di Jakarta guna dijual langsung petani kepada para pejabat dan karyawan setempat.

"Inisiasi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap petani tomat yang sedang mengalami kerugian karena harga jual yang anjlok hingga Rp2.000 per kilogram," kata Menperin di Jakarta, Selasa.

Adapun harga tomat dalam penjualan langsung tersebut berkisar antara Rp4.000-Rp5.000 per kilogram, yang disesuaikan dengan harga di pasar-pasar induk.

"Saya berharap, kegiatan ini dapat segera menstabilkan harga tomat sehingga membantu kesejahteraan para petaninya," kata Menperin.

Di samping itu, lanjutnya, pemerintah melalui beberapa kementerian terkait juga sudah berkoordinasi dalam rangka mengambil langkah-langkah strategis untuk membantu petani agar harga tomat dapat membaik kembali.

Langkah jangka panjang yang telah ditentukan meminta industri makanan dan minuman untuk melakukan komitmen kerja sama dengan membeli tomat dari petani.

Upaya tersebut, telah masuk pada tahap pembahasan oleh Kementerian Perdagangan bersama ABC, Wings dan Indofood, di mana perusahaan-perusahaan tersebut akan membeli tomat dalam bentuk pasta untuk mensubtitusi bahan baku pasta tomat yang selama ini diimpor.

"Langkah ini juga akan mengembangkan industri pengolahan bahan baku yang dapat menghasilkan pasta," ujar Menperin.

Selain itu, untuk menaikkan harga tomat dalam waktu dekat, akan dilakukan penjualan tomat secara langsung dalam bentuk bazar, yang difasilitasi oleh pemerintah di 12 kantor Kementerian.

"Dukungan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) juga akan dilakukan dengan menjual tomat di halaman supermarket dan hipermarket oleh para petani," kata Menperin. (*)