46 Karakter Komik Membuat Kolaborasi Upacara Kemerdekaan

id 46 Karakter Komik Membuat Kolaborasi Upacara Kemerdekaan

46 Karakter Komik Membuat Kolaborasi Upacara Kemerdekaan

Kolaburasi 46 karakter komik mengikuti upacara bendera (Iggoy)

Padang, (Antara) - Sebanyak 46 karakter komik yang dibuat 44 komikus di Tanah Air membuat kolaborasi upacara bersama dalam satu frame memperingati Hari Ulang Tahun ke-70 Republik Indonesia.

"Masing-masing komikus membuat tokohnya kemudian digabung dalam satu gambar mengikuti upacara bendera bersama memperingati hari kemerdekaan," kata penggagas kegiatan Igoy El Fitra di Padang, Senin.

Menurut Iggoy yang dikenal sebagai penggagas karakter komik si bujang kegiatan ini diikuti 44 kreator berusia 11 tahun sampai 34 tahun yang diposting secara massal di akun jejaring sosial line dan instagram.

Ide ini pertama kali digagas di grup para kreator komik di Line, kemudian semua sepakat masing-masing buat gambar sendiri, lalu digabungkan dalam satu frame, ujar dia.

Ia berharap dengan karya kolaborasi ini bisa terjalin kekompakan sesama kreator komikstrip dari berbagai daerah di Indonesia, sekaligus upaya memajukan komik indonesia tanpa memandang status, usia, dan follower.

Sementara kreator komik dari Makasar Abi Ma'ruf mengatakan kolaburasi masal ini merupakan ajang meningkatkan solidaritas dan kreativitas diantara komikus dan dukungan memajukan komik lokal.

Damru kreator komik dari Bekasi menilai industri kreatif di Indonesia saat ini sedang berkembang, tapi untuk disebut maju masih belum bisa, karena kurang mendapat dukungan dari dari masyarakat Indonesia.

"Kenapa sih karya negara lain lebih diterima? sementara karya anak bangsa juga tidak kalah," ujar dia.

Ia berpendapat untuk memajukan industri kreatif di Indonesia, para kreator komik harus tetap semangat untuk berkarya.

Pada sisi lain ia melihat fenomena komik di media sosial cukup mendapat tempat dikalangan netizen dan semoga terus muncul bibit baru komik yang akan terus memajukan dunia komik di Indonesia.

Ia menambahkan hasil karya kolaburasi tersebut dapat dilihat melalui akun instagram @si_bujang2014 ,@si_abi, @damroe dan lainnya. (*)