Pemkab Pasaman Kenang Perjuangan Pahlawan dengan Gerak Jalan

id Gerak Jalan

Lubuk Sikaping, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, melaksanakan kegiatan gerak jalan tepat waktu, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-70, sebagai sebagai bentuk napak tilas perjuangan para pahlawan.

Wakil Bupati Pasaman, Daniel Lubis, di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan, melalui lomba gerak jalan tepat waktu, diharapkan peserta terutama generasi muda dan pelajar dapat meningkatkan sikap disiplin, dan kerapian tim, sebagai salah satu bentuk napak tilas perjuangan pahlwan dalam memerdekakan bangsa ini, hingga pembangunan yang dapat dinikmati saat ini.

"Lomba gerak jalan tepat waktu ini diperuntukan bagi semua instansi pemerintahan, dan pelajar di Kabupaten Pasaman dalam Rangka HUT ke-70 RI tahun 2015," kata dia.

Ia mengatakan , para pelajar adalah generasi muda yang akan meneruskan tongkat estafet perjuangan dari pejuang pejuang kemerdekaan RI, begitu juga untuk mengisi kemerdekaan dibutuhkan pejuang yang dapat membesarkan Negara Kesatuan RI di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

Selain itu, gerak jalan tersebut juga sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan mengisi dan memperingati HUT RI ke 70.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa guna memperkokoh Negara Kesatuan RI, meningkatkan soliditas dan solidaritas serta rasa kesetiakawanan anggota regu.

Acara ini juga berperan serta menjaga stabilitas dan keamanan lingkungan serta meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani setiap peserta melalui pembinaan olahraga dan rohani secara berkesinambungan.

"Kegiatan olahraga diadakan sebagai ajang untuk bersilaturahim antara pegawai, sehingga dengan kekuatan kebersamaan diketahui bagaimana meningkatkan peran kepada masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Pasaman, Hendri, mengatakan, peserta lomba gerak jalan tepat waktu ini terdiri dari empat kategori yakni, tingkat SD, SLTP dan SLTA se Kabupaten Pasaman, serta tingkat umum, adapun jarak tempuh yang dilalui sekitar lima kilometer.

"Kriteria penilaian peserta meliputi ketepatan waktu, keutuhan regu, kekompakan dan kerapian," kata Hendri.

Bagi regu pemenang lomba gerak jalan tersebut, panitia memberikan tropi lepas dan uang pembinaan, dimana untuk juara I diberikan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp1 juta, Juara II tropi dan uang pembinaan Rp750 ribu, serta Juara III tropi dan uang pembinaan sebesar Rp500 ribu.

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf NBS Situmeang, Wakapolres Pasaman Kompol Sihana, Ketua Pengadilan Negeri Zulkifli, Kepala Kejaksaan Lubis, Kadisporabudpar Pasaman, Hendri, Kadis Pendidikan Khairil Anwar, Kadisperindakop Anwir Salam, Kadis Pertanian Nasrun. (*)