Pemkot Padang Gelar Gerak Jalan

id Gelar Gerak Jalan

Padang, (Antara) - Pemerintahan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar lomba gerak jalan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-70.

"Lomba gerak jalan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, serta dapat meningkatkan kedisiplinan sesama regu dan selalu menjunjung sportifitas," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat mengibarkan bendera start di Padang, Rabu.

Peserta yang terdiri dari pelajar dan instansi pemerintahan Kota Padang, nampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti lomba gerak jalan tersebut.

Gubernur Sumbar juga memberikan pujian kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Padang yang berhasil melaksanakan kegiatan tersebut tepat waktu dengan jumlah peserta ribuan orang.

Selain untuk memperingati HUT RI, kegiatan tersebut juga sekaligus memperingati HUT Kota Padang yang ke-346 yang pada 7 Agustus 2015.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah yang juga ikut dalam mengibarkan bendera saat start mengatakan, olahraga gerak jalan sudah menjadi olahraga bagi masyarakat karena bisa menjalin jiwa kebersamaan dan kedisiplinan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Suardi Junir menjelaskan acara yang diadakan setiap tahun ini, bertujuan untuk menjalin silaturahim antar karyawan pemerintahan Kota Padang dan para pelajar.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari, yaitu dari 12 sampai 13 Agustus 2015. Untuk hari pertama peserta terdiri atas instansi pemerintah dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), sedangkan untuk hari kedua peserta terdiri dari siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan siswa Sekolah Dasar (SD).

Suardi menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti lomba gerak jalan 357 regu berjumlah 5.583 orang. Untuk instansi setiap regu terdiri dari 13 orang, sedangkan untuk pelajar satu regu terdiri dari 16 orang.

Jumlah tersebut terdiri atas 43 regu dari instansi pemerintahan, 48 regu dari SMA, 82 regu SMP dan 152 regu siswa SD.

"Pada tahun ini, jumlah peserta banyak dan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,"katanya. (*)