Mahasiswa Unand Kumpulkan Koin untuk Khiren

id koin, untuk, Khiren

Mahasiswa Unand Kumpulkan Koin untuk Khiren

Beberapa mahasiswa dari beberapa himpunan mahasiswa Universitas Andalas Padang yang mengatasnamakan Aliansi Gerakan Cinta Untuk Khiren pada Selasa (11/8) mengumpulkan koin sebagai aksi sosial untuk Khiren, penderita bocor jantung yang dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta. (antarasumbar/sultan andre)

Padang, (AntaraSumbar) - Puluhan mahasiswa Unand yang mengatasnamakan Aliansi Gerakan Cinta Untuk Khiren menggelar aksi penggalangan dana atau koin di setiap fakultas yang ada di Universitas Andalas, Kota Padang, Sumbar, Selasa (11/8).

Muslimin, Wakil Presiden Negara Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unand di Padang, Selasa (11/8), mengatakan, aksi pengalangan dana/koin untuk Khiren saat ini merupakan aksi gerakan kemanusiaan dari para mahasiswa Kota Padang, khususnya mahasiswa Unand, terkait masalah pelayanan BPJS terhadap Khiren salah seorang anak dari Dewi Anggraini yang mengalami penyakit bocor jantung dan dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta.

Kasus ini ditemukan pasca pihak rumah sakit meminta penagihan biaya operasi Khiren yang berjumlah mencapai Rp125 juta, sementara pihak BPJS tidak dapat mengklaim biaya rumah sakit tersebut meskipun yang bersangkutan telah memiliki kartu dan iuran BPJS, jelasnya.

Sehubungan dengan hal itu, katanya, Aliansi Gerakan Cinta Untuk Khiren menuntut pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan BPJS agar dalam proses implementasinya tidak menyulitkan masyarakat dan kedepannya tidak ditemukan kembali kasus yang sama, serta meminta pemerintah agar dapat memberikan toleransi kepada Dewi Anggraini.

Sementara itu, Koordinator aksi Valdy mengatakan bahwa aksi pengalangan dana untuk Khiren tersebut akan dilanjutkan kembali pada 12 Agustus 2015 pukul 09.00 WIB di delapan titik luar kampus Unand.

Adapun delapan titik aksi pengalangan dana tersebut diantaranya, Simpang Bypass Ketaping, Simpang Lubuk Begalung, Simpang Alay, Simpang Kantor POS Imam Bonjol, kantor BPJS jalan Khatib Sulaiman, kantor Gubernur dan DPRD, serta Masjid Raya Sumbar, jelasnya.

Dana yang terkumpul dalam aksi saat ini kurang lebih Rp5 juta, dan dana tersebuta akan diserahkan kepada orang tua Khiren, Dewi Anggraini, tujuannya agar dapat meringkan beban untuk membayar hutang ke Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta sebesar Rp 125 juta, pungkasnya.

Aksi yang digelar pada Selasa (11/8/15) pagi itu terhimpun dari beberapa himpunan mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang ada di Unand, yakni BEM Pengenalan Hukum Politik (PHP), Negara Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), BEM Hukum, BEM Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik (HMJ IP), Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi (HMJ K), Lembaga Advokasi Mahasiswa dan Pengkajian Kemasyarakatan Fakultas Hukum (LAM & PK), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).(*)