VRMP Sawahlunto Matangkan Persiapan Pembentangan Bendera Raksasa

id Pembentangan Bendera Raksasa

Sawahlunto, (Antara) - Tim Vertical Rescue Merah Putih (VRMP) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, mematangkan persiapan untuk membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa dalam rangka menyambut detik-detik Proklamasi 17 Agustus 1945, Minggu (17/8).

Ketua tim VRMP, Hengki di Sawahlunto, Minggu, mengatakan bendera dengan panjang 12 meter dan lebar 8 meter tersebut, akan dibentangkan di tebing perbukitan kawasan wisata Puncak Cemara Sawahlunto, dua hari menjelang peringatan 70 tahun detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2015.

"Tahap persiapan sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali, beberapa titik yang akan menjadi tumpuan serta jalur pembentangan sudah dilakukan pembersihan, kata dia.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut akan melibatkan sebanyak 17 pemanjat dengan dibantu para petualang yang tergabung dalam timnya.

Saat ini, tim penyisir tengah melakukan penjajakan lanjutan terhadap kondisi tebing sebagai langkah persiapan akhir, sebelum pembentangan bendera dilaksanakan.

"Ada beberapa jalur memiliki faktor kesulitan yang tinggi sehingga perlu dilakukan survei ulang dan evaluasi untuk mengecilkan risiko kecelakaan bagi para pemanjat nantinya," katanya.

Menurutnya, pada peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus nanti, seluruh warga Kota Sawahlunto akan dapat menyaksikan bendera merah putih terbentang di tebing Puncak Cemara, dan akan terlihat jelas oleh seluruh peserta upacara yang dipusatkan di lapangan Ombilin.

Sementara itu, koordinator lapangan kegiatan, Aspil mengatakan pembentangan bendera merah putih berukuran besar itu, merupakan bentuk kecintaan mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah rela berkorban harta dan nyawa demi memerdekakan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan bangsa asing.

"Kecintaan itu kami aplikasikan dengan menunjukkan semangat generasi muda yang disimbolkan dalam bentuk pembentangan bendera di tebing curam dan tinggi," kata dia.

Sementara itu, salah seorang warga kota itu, Sugiyono (62), mengaku sangat bangga dengan upaya yang dilakukan generasi muda yang tergabung dalam VRMP Sawahlunto.

"Mari kita dukung dan doakan semoga apa yang menjadi tujuan kegiatan ini bisa tercapai dan menuai hasil yang membanggakan," kata dia. (*)