Ratusan Anak Ikuti Khitanan Massal FKPPI Solok

id Khitanan Massal

Solok, (Antara) - Ratusan anak di Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti khitanan massal gratis yang digelar Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan Indonesia dan Putra-putri TNI Polri (FKPPI) bekerja sama dengan Organisasi Indo Jalito Jakarta, di GOR Tanjung Paku kota itu, Sabtu.

Ketua FKPPI cabang Kota Solok, Reinier, Sabtu, mengatakan khitanan massal ini merupakan kegiatan bhakti sosial dalam rangka menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia ke 70.

"Kegiatan ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya, dan boleh diikuti oleh seluruh anak laki-laki yang sudah masuk masa khitan dan berdomisili di Kota Solok," katanya.

Khitanan massal ini sebagai bentuk perhatian FKPPI dan Indo Jalito Jakarta kepada masyarakat di Kota Solok, dan Indo Jalito menanggung seluruh akomodasi yang dibutuhkan dalam kegiatan ini.

Selain memberikan khitanan secara gratis, Indo Jalito juga memberikan kain sarung untuk anak-anak yang dikhitan, makanan ringan bagi anak anak dan para orang tua yang mendampingi, serta menanggung biaya perawatan sampai sembuh dan honor tenaga medis.

Sementara FKPPI cabang Kota Solok menyediakan tempat dan pengeluaran lainnya.

Reinier menjelaskan, Indo Jalito merupakan organisasi masyarakat yang berpusat di Jakarta, didirikan oleh para perantau Minang, beranggotakan para istri pengusaha atau masyarakat Minang yang memiliki ekonomi menengah ke atas.

Ketua umum Indo Jelito Jakarta, Nuning mengatakan, kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan juga akan diselenggarakan di seluruh daerah kabupaten kota di Sumatera Barat.

Sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan dan Tanah Datar, dan setelah di Kota Solok akan dilanjutkan ke Kota Sawah Lunto dan Kabupaten Sijunjung.

Ia mengatakan anggaran untuk seluruh kegiatan itu berasal dari iuran anggota dan uang kas Indo Jalito Jakarta.

Kegiatan khitanan massal itu sendiri dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Solok, Zul Elfian, dihadiri unsur pimpinan SKPD Pemkot Solok, anggota FKPPI cabang Kota Solok, dan beberapa pengurus organisasi Indo Jalito Jakarta, dan para anak-anak peserta khitanan massal dan orang tua pendamping. (*)