Indosat Sukses Layani Pelanggan Selama Lebaran

id Indosat

Jakarta, (Antara) - Indosat mengklaim sukses melayani seluruh pelanggannya selama masa mudik dan balik Lebaran 2015 karena tetap dapat berkomunikasi dengan baik dan nyaman walaupun terjadi kenaikan trafik telekomunikasi.

"Hal ini berkat kesiapan seluruh jaringan selular Indosat yang telah ditingkatkan baik kapasitas maupun kualitasnya, termasuk untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi seperti masa mudik dan balik Lebaran saat ini," kata Director & Chief Technology Officer Indosat John Martin Thompson dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Kesiapan jaringan selular Indosat untuk masa mudik dan balik Lebaran 2015 tidak terlepas dari Program Modernisasi Jaringan yang telah dilakukan di berbagai kota di seluruh Indonesia, termasuk kota-kota tujuan mudik baik di Jawa maupun Luar Jawa.

Khusus dari sisi kapasitas jaringan menghadapi Mudik Lebaran ini, kapasitas seluruh layanan selular baik suara (voice), layanan pesan singkat (SMS) maupun data, ditingkatkan sesuai dengan prediksi dan potensi kenaikan yang akan terjadi.

Untuk layanan suara (voice) dinaikkan kapasitasnya menjadi 39 juta Erlang per hari, untuk layanan SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,28 Miliar SMS per hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas data menjadi 2.081 TeraByte per hari.

Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 40.756 secara nasional.

Trafik SMS di hari H meningkat menjadi sekitar 941,93 Juta SMS, atau naik 34,96 persen dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 94,60 persen yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat.

Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antaroperator mencapai sekitar 92,67 persen walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator.

Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Sumatera Utara (146,69 persen), Kalimantan (89,55 persen), dan Sumatera Selatan (86,17 persen).

Sementara itu trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar 596,46 Terabyte per hari atau naik 30,60 persen, dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Menurutnya, keberhasilan Jaringan Indosat melayani pelanggan dengan baik selama masa Mudik Lebaran 2015 juga tidak terlepas dari pengoperasioan fasilitas baru dari indosat Network Operation Center (i-NOC), sebagai pusat pemantauan performansi jaringan Indosat secara nasional. (*)