Beberapa Jalan Alternatif di Payakumbuh Dipadati Kendaraan

id Beberapa Jalan Alternatif

Payakumbuh, (Antara) - Beberapa jalur alternatif di Kota Payakumbuh Sumatera Barat (Sumbar) dipadati kendaraan karena jalan utama daerah itu mengalami kemacetan.

Pantauan Antara di Payakumbuh Sabtu melaporkan jalur alternatif yang banyak dilalui masyarakat tersebut adalah jalan-jalan yang ada di Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Jalur tersebut dapat ditempuh pengendara yang berada di Payakumbuh apabila ingin menuju ke Batusangkar, ataupun sebaliknya.

"Jalur ini lebih nyaman dan cepat sampai tujuan," kata salah Andri, seorang pengendara dari Batusangkar yang ingin ke Payakumbuh.

Ia mengatakan, Jalur utama yang menghubungkan kedua daerah tersebut macet. Kemacetan tersebut terjadi di Simpang Piladang, dimana titik tersebut merupakan ruas jalan utama Payakumbuh-Bukittinggi.

Selain Jalur ke Situjuah Limo Nagari, pengemudi dar Bukittinggi menuju Pangkalan lebih memilih jalur alternatif melalui Tiakar.

"Memilih jalur ini untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di Pusat Kota Payakumbuh," kata seorang pengendara Ansor.

Sementara itu, Arus lalu lintas dari Kota Payakumbuh menuju Bukittinggi pada H+1 lebaran 1436 Hijriyah atau Sabtu mengalami macet puluhan kilometer. Sementara untuk arus lalu lintas dari Bukittinggi menuju Payakumbuh relatif lancar.

Antrean kendaraan tersebut dimulai dari Simpang By Pass Koto Nan Ampek. Kemacetan tersebut hanya untuk kendaraan roda empat, sedangkan untuk sepeda motor lancar.

Sementara itu, sejumlah warga di Sumbar, memanfaatkan akun jejaring sosial twitter untuk berbagi info arus lalu lintas di daerah itu selama lebaran.

Salah satu akun twitter yang menjadi rujukan pemudik adalah @infosumbar dimana dalam dua hari terakhir terpantau aktif tweet yang melaporkan perkembangan arus mudik di Sumbar.

Admin akun twitter @infosumbar Irfan mengatakan sejak tiga tahun terakhir akun tersebut digunakan warga untuk saling berbagi info lalu lintas dan arus mudik hingga suasana di objek wisata. (*)