Pariaman Expo Dijadwalkan Setelah Hari Raya Idul Fitri

id Pariaman Expo

Pariaman, (Antara) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan jadwal pelaksanaan Pariaman Expo pada 1 hingga 8 Agustus 2015 atau selepas hari raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Penetapan jadwal tersebut bukan hanya karena agenda kita, namun juga memiliki maksud dan tujuan tertentu," kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat, Gusniyetti Zaunit, di Pariaman, Rabu.

Jadwal tersebut dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri agar para perantau yang datang ke Kota Pariaman bisa mengikuti dan membeli barang-barang hasil karya masyarakat Pariaman untuk dijadikan oleh-oleh sewaktu arus balik.

Ia memperkirakan, dengan datangnya para perantau dari berbagai daerah, diharapkan dapat membantu sedikit banyaknya perkembangan ekonomi masyarakat sekitar.

Untuk melaksanakan Pariaman Expo tersebut, pihak pemkot pariaman akan bekerja sama dengan salah satu perusahaan sebagai "Event Organisation".

"Rencana akan ada 30 stan yang akan dipajang dalam acara tersebut, namun pihak kita hanya akan menyewa sebanyak 10 tenda saja,"ucap dia.

Pihak pemkot sendiri rencananya akan memamerkan dan memajangkan sejumlah hasil karya asli pariaman seperti sulaman nareh, sorvernir berbentuk penyu, baju, dan beberapa kerajinan lainya.

Gusniyetti Zaunit menjelaskan, salah satu tujuan utama dari penmyelenggaraan acara tersebut ialah untuk mempromosikan hasil kerajinan daerah, pariwisata, serta peluang berinvestasi.

Selain bekerja sama dengan salah satu perusahaan, pemkot pariaman juga akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan kota itu.

"Tujuan kita juga bekerja sama dengan dinas pendidikan ialah agar acara tersebut dapat berjalan lancar dengan menghadirkan marchine band,"ucap dia.

Ia menyebutkan, jika acara tidak didukung oleh hiburan maka akan terasa kurang meriah. Selain itu menurutnya para pelajar juga memiliki teman sejahwat yang banyak sehingga bisa memeriahkan acara tersebut. (*)