Pemprov Kepri Beri Santunan kepada Korban Hercules

id Pemprov, Kepri, Beri, Santunan, kepada, Korban, Hercules

Batam, (AntaraSumbar) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan menyalurkan santunan kepada warga Kepri, keluarga korban pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Medan Sumatera Utara, Selasa (30/6).


"Dana untuk membantu keluarga korban yang ditinggalkan sudah kami siapkan, sebanyak Rp4 juta per orang untuk bantuan bagi keluarga," kata Sekretaris Daerah Pemprov Kepri Robert Iwan Loreaux di Batam, Minggu.


Dana santunan itu diambil dari alokasi dana bencana dalam APBD Kepri 2015.


Santunan itu akan diberikan setelah seluruh proses identifikasi korban selesai, demi memastikan jumlah pasti warga Kepri yang menjadi korban Hercules naas.


Pemprov Kepri sampai saat ini belum memastikan jumlah warganya yang menjadi korban musibah Hercules milik TNI AU itu.


"Kabarnya ada 60-an orang. Tapi masih identifikasi. Korban yang sudah dibawa baru 11 orang ke Natuna dan tiga orang ke Tanjungpinang. Kami tunggu dulu pastinya," kata dia.


Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Natuna Kepulauan Riau juga menyiapkan dana untuk membiayai keberangkatan 68 orang keluarga korban tragedi pesawat Hercules C-130 ke Medan, Sumatera Utara untuk mempermudah identifikasi korban.


Sebanyak 68 keluarga korban yang berada dalam pesawat nahas itu diterbangkan ke Batam pada Rabu (1/7) pagi untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Medan. Pemkab Natuna menyewa satu pesawat milik Wings Air untuk membawa seluruh penumpang ke Batam. Kemudian, dari Batam seluruhnya akan diterbangkan ke Medan menggunakan pesawat komersil reguler.


Pemkab Natuna terus berkoordinasi dengan TNI AU mengenai penanganan keluarga korban selama di Medan.


Pesawat Hercules C-130 jatuh di Medan pada Selasa pukul 11.48 WIB dalam penerbangan menuju Tanjungpinang (Kepri).


Pesawat itu diterbangkan pada Senin pagi dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pagi, sekitar pukul 06.00 WIB. Berdasarkan jadwal, pesawat tersebut dari Jakarta bertolak ke Pekanbaru (Riau) lalu ke Medan (Sumatera Utara) Tanjungpinang (Kepulauan Riau) dan Pontianak (Kalimantan Barat). (*)