Bentrokan Antarkampung, Kapolda Jambi Turun ke Kerinci

id Bentrokan, antarkampung, kerinci

Jambi, (AntaraSumbar) - Kapolda Jambi, Brigjen Pol Lutfi Lubihanto, turun langsung ke Kabupaten Kerinci guna mengantisipasi meluasnya kejadian bentrokan warga antarkampung yang terjadi Rabu (1/7) di kabupaten wilayah timur Provinsi Jambi tersebut.

Pascaterjadinya bentrok awal di Kerinci pada Rabu lalu, kini terjadi lagi bentrokan susulan yang pecah di Kabupaten Kerinci sehingga Kapolda langsung turun melihat situasi dan kondidi di sana, kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Almansyah, di Jambi, Jumat.

Bentrok warga yang melibatkan pemuda Desa Pulan Pandan dengan Desa Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci, perlu perhatian khusus sehingga Kapolda Brigjen Pol Litfi turun ke sana, katanya.

"Untuk mengantisipasi bentrok susulan, Kapolda Jambi, Brigjen Pol Lutfi Lubihanto, langsung turun ke lokasi," kata Almansyah.

Kapolda Jambi ke Kerinci melakukan antisipasi dengan pola pendekatan preventif dengan meminta bantuan tokoh mayarakat dan para ulama setempat.

"Iya, hari ini rombongan Kapolda menuju Kerinci untuk menguatkan lagi langkah pola preventif. Nanti penyampaian pesan-pesannya melalui kultum dan sebagainya," kata Almansyah

Peristiwa yang terjadi antara dua desa tersebut, belum sempat bersifat massal, namun baru melibatkan segelintir warga. Ini juga berkat dari pihak keamanan yang dengan cepat mengambil sikap.

"Personel Brimob, Polres Kerinci, Kodim juga sudah ditempatkan di sana," kata Almansyah.

Seperti diberitakan sebelumnya, penduduk antara dua desa yang bertetangga tersebut sudah melakukan aksi saling lempar batu. Namun, bentrok berhasil dihindarkan karena pihak keamanan dengan cepat turun ke lapangan untuk mencegahnya.

Pemicu bentrokan ini adalah masalah batas tanah ulayat antara Desa Sanggaran Agung dengan Desa Pulau Pandan dan masalah pengelolaan objek wisata Danau Kerinci. (*)