Syamsu Rahim: IWAPI harus Berkontribusi Bangun Daerah

id IWAPI, Kontribusi, Bangun, Daerah

Arosuka, (AntaraSumbar) - Bupati Solok H Syamsu Rahim mengatakan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) jangan cuma berorientasi kepada kepentingan bisnis dan mengejar keuntungan semata, namun juga berkontribusi dalam pembangunan daerah.

"Akan tetapi, bagaimana pengurus IWAPI Kabupaten Solok juga bisa berkontribusi positif, dalam rangka ikut mensukseskan program pembangunan di daerah," katanuya di acara pelantikan Dewan Pengurus IWAPI Kabupaten Solok 2015-2020 di Arosuka, Rabu (1/07).

Acara itu juga dihadiri Pembina IWAPI Kabupaten. Solok Ny. Erlinda Syamsu Rahim, Ketua IWAPI Kabupaten Solok Silvi Lestari, pejabat SKPD, camat dan seluruh anggota IWAPI lainnya.

Bupati berharap, IWAPI Kabupaten Solok ke depan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja baru. Sehingga mengurangi pengangguran di daerah itu.

Ia juga berharap bagaimana IWAPI ke depan dapat menciptakan suatu produk yang menjadi unggulan pada setiap ranting IWAPI yang tersebar di kecamatan-kecamatan bisa bersaing dengan produk-produk lain yang sudah terkenal.

Bupati juga mengapresiasi keberadaan IWAPI Ranting Kecamatan X Koto Singkarak, yang sudah aktif bergerak dengan program kerja kegiatanya sejak beberapa waktu lalu, kendati belum dilantik secara resmi oleh pengurus IWAPI Kabupaten Solok.

Dari informasi yang diterimanya, kata Syamsu Rahim, diketahui saat ini baru ada lima ranting IWAPI yang tersebar di lima Kecamatan.

"Mudah-mudahan secepatnya kedepan di setiap kecamatan akan mempunyai IWAPI yang bisa berkontribusi positif di tengah-tengah masyarakat dengan memaksimalkan potensi yang ada dan dimilikinya," katanya.

Sementara Ketua IWAPI Kabupaten Solok Silvi Lestari mengatakan bahwa sejak awal terbentuk IWAPI selalu menjadi mitra kerja pemerintah dalan mewujudkan cita-cita pembangunan di Kabupaten Solok.

Apalagi, kata dia, kegiatan IWAPI juga selalu mendapat sokongan penuh dari Pembina IWAPI dan Pemkab Solok, berkat program kerja IWAPI yang selalu berusaha ikut membantu mengembangkan UKM-UKM yang tersebar di daerah penghasil beras ternama itu.

Silvi juga menerangkan bahwa IWAPI sejauh ini telah berhasil melakukan beberapa program, seperti membuat kelompok sederhana dalam pembuatan souvenir-souvenir pernikahan, yang sudah berjalan dengan cukup baik sampai saat ini.

Ia menerangkan, sejauh ini IWAPI baru berhasil mendirikan lima IWAPI Ranting di Kabupaten Solok, yakni IWAPI Kecamatan X Koto Singkarak, Kubung, Gunung Talang, Bukit Sundi, dan Junjung Sirih.

"Kedepan dan seterusnya kami berharap Pemkab Solok akan tetap mau membantu dan mendukung sepenuhnya program-program IWAPI yang selalu bersinergi dengan pemerintah, dalam rangka ikut meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya. (cpw1)