Pelaku Usaha Agar Lebih Inovatif

id Pelaku, Usaha, Agar, Lebih, Inovatif

Padang Panjang, (AntaraSumbar) - Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Padang Panjang, Reflis meminta pelaku usaha yang ada di daerah itu agar selalu berinovatif dalam menghasilkan produk.

"Selain inovatif juga berkualitas, sehingga bisa menimbulkan kecintaan konsumen terhadap produk lokal," kata dia di Padang Panjang, Kamis.

Inovatif dengan mengikuti perkembangan dan peningkatan kualitas tersebut kata dia, supaya mampu bersaing di pasar global untuk menarik konsumen.

Jika hal itu dapat dipenuhi, produk barang dan jasa yang dihasilkan di dalam negeri akan meningkat di masa yang akan datang, ujarnya.

Dalam era globalisasi saat ini menurut dia, tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai produk mancanegara akan menjadi pesaing bagi produk yang dihasilkan oleh industri dalam negeri termasuk Padang Panjang sendiri.

Untuk itu berbagai produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha Padang Panjang harus mampu bersaing, tidak hanya di pasar dalam negeri tetapi juga di pasar internasional.

Untuk pasar dalam negeri pelaku usaha harus mampu meyakinkan konsumen akan kualitas yang dihasilkan oleh bangsa sendiri. Kalau kita ingin mengajak masyarakat cinta produk Indonesia, marilah kita jamin bahwa produk Padang Panjang memiliki kualitas tinggi, katanya.

Selain mengajak pelaku usaha agar selalu inovatif, Pemkot Padang Panjang juga sudah memberika perhatian kepada pelaku usaha supaya masyarakat bisa mencinai produk lokal.

"Untuk lebih meyakinkan konsumen, Pemkot sudah memberikan bantuan dalam pengurusan label halal dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) bagi pelaku usaha," jelasnya.

Industri Kecil Menengah (IKM) di Padang Panjang terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan sejak beberapa tahun terkahir.

"IKM di Padang Panjang terus mengalami pertumbuhan dari 3.800 menjadi 5.200 sampai saat ini," katanya.

Dia mengatakan, pertumbuhan IKM tersebut karena peluang atau prospek industri ekonomi kreatif di daerah itu cukup menjanjikan.

Badan Pusat Statistik Padang Panjang, juga mencatat IKM terutama sektor industri pengolahan memiliki dan bisa dijadikan sebagai salah satu peluang peningkatan ekonomi di daerah itu.

"Hal itu ditunjukan oleh peningkatan laju pertumbuhan sektor industri pengolahan dari beberapa tahun terakhir hingga saat ini yang mencapai 4,76 persen," kata Kepala BPS Padang Panjang, Muhammad Hudaya melalui Seksi Neraca Wilayah dan Analisis statistik Lina Ferdiant. (*)