BKD Padang Panjang Belum Temukan Ijazah Palsu ASN

id BKD, Padang Panjang, Belum, Temukan, Ijazah, Palsu, ASN

Padang Panjang, (AntaraSumbar) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Padang Panjang belum menemukan adanya indikasi ijazah palsu yang dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat.

"Kondisi itu kami ketahui setelah adanya pemeriksaan berkas ijazah dari ASN yang ada di Padang Panjang," kata Kepala BKD Padang Panjang Saharudin melalui Sekretaris BKD Amir Hamzah di Padang Panjang, Kamis.

Ia mengatakan, pemeriksaan ijazah yang dilakukan oleh BKD Padang Panjang kepada ASN tersebut merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 3 Tahun 2015 tentang penanganan ijazah palsu di ASN, TNI/Polri dilingkungan pemerintah.

Ia mengatakan, pemeriksaan ijazah ASN yang dilakukan oleh BKD Padang Panjang itu sudah berlangsung sejak 12 Juni dengan target laporan kepada MenPAN-RB Agustus 2015.

"Saat ini kami sudah memeriksa sekitar 80 persen dari 2.661 jumlah ASN yang ada di Padang Panjang. Mudah-mudahan selesai sebelum Agustus 2015," katanya.

BKD Padang Panjang dalam melakukan pemeriksaan itu mulai dari ijazah ASN menjadi pegawai hingga ijazah penyesuaian kalau dimiliki.

Ia menyebutkan, selama pemeriksaan ijazah ASN itu BKD tidak mengalami kendala berarti yang bisa menggagalkan kegiatan.

"Kendala yang kami hadapi saat ini hanya legalisir ijazah dari ASN yang cukup lama dengan alasan tempat belajar jauh dari Padang Panjang," ujarnya.

Meski demikian, ia menargetkan sebelum Agustus 2015 pemeriksaan ijazah ASN sudah selesai, sehingga bisa memberikan laporan kepada MenPAN-RB secepatnya.

Salah seorang ASN di lingkungan Pemkot Padang Panjang Ampera Salim menyambut baik apa yang dilakukan oleh BKD atas dasar menindaklanjuti edaran MenPAN-RB tersebut.

"Ini merupakan langkah bagus yang diambil oleh pemerintah, sehingga tidak mudah memiliki ijazah yang bsering terjadi selama ini," sebutnya. (*)