117 Anak Miskin Ikuti Sunatan Massal

id Sunatan Massal

Padang Panjang, (Antara) - Sebanyak 117 anak dari keluarga miskin di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mengikuti sunatan massal yang diselenggarakan Badan Amil Zakat (BAZ) sebagai bentuk kepedulian sosial.

"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian BAZ Padang Panjang kepada anak-anak dari keluarga yang kurang mampu," kata Ketua BAZ Padang Panjang Alizar Chan di Padang Panjang, Selasa.

Dia mengatakan sunatan massal tersebut dilakukan secara gratis, setelah anak-anak selesai melaksanakan ujian sekolah atau memasuki iburan dan sudah menerima rapor, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar.

Sunatan massal itu, kata dia, juga untuk menunjang program Pemkot Padang Panjang dalam membantu masyarakat kurang mampu.

"Sudah seharusnya BAZ menunjang program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat khususnya yang kurang mampu," katanya.

BAZ, katanya, dalam menggelar sunatan massal itu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang dan instansi lainnya.

"Untuk teknisnya, BAZ bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, serta instansi terkait lainnya," ujarnya.

Dia merencanakan kegiatan itu akan menjadi agenda tahunan bagi BAZ Padang Panjang, selain sejumlah program yang sudah ada selama ini.

Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis memberikan apresiasi kegiatan yang digelar oleh BAZ tersebut, sehingga bisa meringankan beban warga yang kurang mampu.

"Ini merupakan hal yang positif, sudah seharusnya didukung. Kalau bisa dilaksanakan dua kali dalam setahun, karena Padang Panjang memiliki dua kecamatan," katanya.

Dia juga menghimbau kepada muzaki yang ada di Padang Panjang agar menyalurkan zakatnya melalui BAZ, sehingga bisa lebih meringankan beban mustahik.

"Kami akan buat program bagi masyarakat yang tidak menyalurkan zakat kepada BAZ berarti bukan orang Padang Panjang," ujarnya. (*)