Bupati Padangpariaman Safari Ramadhan di Masjid Raya VII Koto

id Bupati, Padangpariaman, Safari, Ramadhan

Padangpariaman, (AntaraSumbar) - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni melakukan rangkaian kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Raya VII Koto Kecamatan Sungai Sarik guna silaturahim dengan warga sekaligus memberikan ceramah agama serta bantuan dana pembangunan bagi masjid setempat.

"Bulan suci Ramadhan ini adalah bulan penuh rahmat, ampunan, dan berkah bagi umat islam yang bertaqwa kepada Allah SWT," kata Bupati Ali Mukhni di Kecamatan Sungai Sarik, Selasa.

Ia mengatakan pada bulan suci Ramadhan ini sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak dzikir dan amalan sunnah lainnya seperti, berinfak, bersedakah, menunaikan sholat sunah tarawih, dan iktikaf di masjid.

"Dan pada bulan suci Ramadhan ini, terdapat satu malam yang lebih mulia dibandingkan seribu bulan lainnya yaitu malam Laillatul Qodar yang biasanya jatuh pada malam-malam ganjil," ujarnya.

Selain itu, katanya, pada 10 hari pertama puasa di bulan Ramadhan ini merupakan fase terberat dan tersulit bagi umat Islam karena harus mengubah pola kebiasaan makan normal menjadi menahan lapar dan haus pada waktu subuh hingga sholat Maghrib.

"Pada fase 10 hari pertama Ramadhan maka tubuh dan pikiran kita juga beradaptasi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk dapat menjalankan ibadah puasa, apabila kita sukses menjalankan 10 hari pertama puasa ini maka untuk selanjutnya akan mudah," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat selama bulan ramadhan ini untuk memperbanyak membaca Al Quran serta tetap menjaga hubungan baik dan jalinan silaturahim sehingga tercipta kesholehan sosial diantara sesama warga Padangpariaman.

"Selain itu kita harus tetap bekerja dan beraktifitas secara normal, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan dan menunda suatu pekerjaan, karena apapun bentuk kegiatan kita apabila itu positif dan memberikan dampak baik bagi orang lain maka akan diberikan ganjaran pahala disisi Allah SWT," ujarnya.

Tampak hadir pada acara safari ramadhan di Masjid Raya VII Koto ini yaitu staf ahli Bupati Padangpariaman Zahirman, Ketua MUI Padangpariaman Buya Jauhar Muis, Kepala Dinas Pendidikan Padangpariaman Mulyadi, Kabag Kesra Elda Husniwar, Kabag Umum Armeyn Rangkuti, Kabag Humas Hendra Aswara, dan sejumlah pejabat Padangpariaman lainnya. (cpw4)