Lima Kereta Bagasi Siap Angkut Motor Pemudik

id Lima, Kereta, Bagasi, Siap, Angkut, Motor, Pemudik

Yogyakarta, (AntaraSumbar) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta menyediakan lima kereta bagasi untuk mengangkut secara gratis sepeda motor pemudik yang pemiliknya menggunakan jasa kereta api.

"Layanan angkutan motor gratis ini dilakukan untuk arus mudik dan arus balik," kata Manager Corporate Communications PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Bambang Sutiyatmoko di Yogyakarta, Senin.

Operasional angkutan motor gratis akan dilakukan pada H-6 hingga H-2 atau 11-15 Juli dari Jakarta dengan tujuan sejumlah stasiun di Daerah Operasi VI Yogyakarta di antaranya Lempuyangan dan Solo Jebres.

Sedangkan angkutan motor gratis untuk arus balik dilayani selama lima hari yaitu pada H+3 hingga H+7 atau 21-25 Juli dari Lempuyangan dan Solo Jebres ke Jakarta.

Setiap kereta bagasi mampu mengangkut sekitar 40 sepeda motor, sehingga total kapasitas angkut untuk pemudik dari dan ke Daerah Operasi VI Yogyakarta adakah sekitar 200 sepeda motor setiap hari.

Warga yang ingin memanfaatkan layanan angkutan motor gratis harus memiliki tiket kereta api selama masa angkutan Lebaran 2015.

"Penumpang menunjukkan tiket ke petugas saat mendaftar angkutan motor gratis," katanya.

Selain tiket, syarat yang harus dilengkapi adalah fotocopy tiket dan bukti identitas diri. Sepeda motor bisa diambil di stasiun tujuan dengan menunjukkan tiket asli.

"Sepeda motor yang akan diangkut menggunakan kereta harus diserahkan H-1 sebelum jadwal keberangkatan di stasiun pemberangkatan," katanya.

Di Daerah Operasi VI Yogyakarta, stasiun pemberangkatan dilakukan di Lempuyangan dan Solo Jebres.

Ia berharap layanan angkutan motor gratis tersebut bisa mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dan menurunkan angka kecelakaan di jalan raya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Unit Pelaksana Teknis Terminal Giwangan Yogyakarta Nugroho mengatakan Terminal Giwangan juga melakukan sejumlah persiapan menghadapi masa Angkutan Lebaran 2015.

"Sudah ada beberapa pemberitahuan tentang adanya beberapa bus angkutan mudik gratis yang akan masuk ke terminal. Kami siapkan lokasinya," katanya. (*)