Masjid Raya Sumbar Sudah Bisa Digunakan Taraweh

id Masjid, Raya, Sumbar

Padang, (AntaraSumbar) - Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) akan digunakan untuk sholat taraweh tahun ini meskipun sebagian fisik masjid masih dalam tahap pengerjaan.

"Seperti tahun 2014, tahun ini Masjid Raya Sumbar juga akan digunakan untuk sholat taraweh satu bulan penuh," kata Kepala Biro Bina Sosial (Binsos) Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Syahril di Padang, Kamis.

Menurutnya, masjid tersebut akan mampu menampung sekitar 5.000 orang jamaah dalam satu waktu.

"Kapasitas sebenarnya bisa menampung 20 ribu jamaah, tetapi karena belum selesai dikerjakan, dan lantai yang digunakan untuk sholat hanya lantai satu, maka sementara hanya bisa menampung 5 ribu orang jamaah," katanya.

Ia mengatakan, Masjid Raya Sumbar terdiri dari lantai dasar, lantai satu dan lantai dua.

"Lantai dasar digunakan untuk berbagai kegiatan, sementara untuk lantai II masih dalam pengerjaan karena itu hanya lantai satu yang digunakan untuk sholat taraweh," katanya.

Menurutnya, selain untuk shalat taraweh selama ramadhan, masjid tersebut sebelumnya juga telah digunakan untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat dan shalat lima waktu.

"Sholat Idul Fitri untuk Sumbar nanti juga akan dipusatkan di mesjid ini," katanya.

Saat ini menurut Syahril, pengurus mesjid telah menjadwalkan penceramah selama Ramadhan, juga penceramah subuh selama Ramadhan.

Saat shalat Magrib, menurut Syahril, pengurus rencananya juga akan menyediakan fasilitas untuk berbuka bersama. Terutama, minuman dan makanan berbuka puasa bagi orang yang berada dalam perjalanan atau musafir.

Sekarang masih dalam pembahasan pengurus masjid, katanya.

Salah seorang warga Kota Padang, Syamsir(50) mengatakan, sejak tahun lalu telah rutin shalat Taraweh di Masjid Raya Sumbar.

Menurutnya, fasilitas yang ada di masjid itu sudah cukup memadai.

"Tapi akan lebih baik jika pembangunannya diselesaikan lebih cepat hingga bisa maksimal digunakan," katanya. (*)