Wawako Pariaman: Biasakan Berpikir dan Bekerja Diluar Kebiasaan

id Genius Umar

Pariaman, (Antara) - Wakil Wali Kota Kota Pariaman , Sumatera Barat, Genius Umar meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di kota itu agar membiasakan diri berpikir dan bekerja di luar kebiasaan.

"Pencapaian tujuan organisasi, sangat ditentukan oleh kapasitas dan kapabilitas sumber daya aparatur yang ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kemampuan seorang pejabat struktural dalam mengelola staf pada suatu SKPD sangat menentukan arah ke mana organisasi tersebut akan dibawa," kata Wawako Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan, perlunya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam perencanaan kegiatan dan penganggaran.

Ada beberapa hal penting untuk menyusun perencanaan kegiatan dan penganggaran, yaitu harus dimulai dengan data dan informasi terbaru.

"Selain itu lakukan analisis masalah dan penyebab masalah, sehingga perencanaan yang dibuat betul-betul bisa menjadi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat," jelasnya.

Di samping itu dalam menyusun anggaran harus berpatokan kepada kewajaran dan aturan yang berlaku, sehingga anggaran yang dikeluarkan betul-betul terukur dan berbasis kinerja. Kemudian para staf dituntut mampu berpikir di luar batasan masalah dengan menggunakan perspektif baru.

"Walaupun kegiatan pelatihan yang dilaksanakan sekarang merupakan salah satu dari proyek perubahan Diklat PIM III, namun apa yang telah dilakukan merupakan salah satu bentuk cara berfikir di luar batasan masalah," jelasnya.

Belum ada satu pun SKPD di lingkungan Pemkot Pariaman yang telah membuat Pakta Integritas dan Pernyataan Perjanjian Kinerja secara berjenjang untuk seluruh pejabat eselon terendah sampai yang tertinggi.

Pada kesempatan itu, Wawako Genius Umar juga mengapresiasi kinerja Diskoperindag setempat yang patut dicontoh oleh SKPD lain dalam menjalankan tugasnya.

"Apa yang telah dilakukan Diskoperindag perlu dicontoh oleh SKPD lainnya, sehingga kinerja setiap SKPD bisa merealisasikan seluruh program yang telah direncanakan," ujarnya.

Genius Umar juga menekankan agar seluruh pejabat struktural di lingkungan Diskoperindag mampu memotivasi seluruh stafnya guna melahirkan inovasi-inovasi baru.

"Satu hal penting adalah bagaimana agar segenap staf mampu membangun jejaring kerja, mengingat Diskoperindag cakupan kerjanya sangat luas, mencakup tiga kementerian yakni Koperasi dan UKM, Perdagangan dan Perindustrian," katanya.

Terakhir ia meminta kepada seluruh staf untuk bekerja ikhlas, bekerja keras dan bekerja tuntas. (*)