Wushu dan Perahu Naga Jadi Lumbung Medali SEA Games

id Wushu, Perahu Naga, Lumbung, Medali

Singapura, (AntaraSumbar) - Cabang olahraga wushu dan perahu naga diharapkan mampu menjadi lumbung untuk mendapatkan medali emas bagi Indonesia pada hari kedua pelaksanaan SEA Games 2015 di Singapura.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh media center di Singapura, Minggu, cabang wushu paling banyak mempertandingkan nomor final yaitu tujuh disusul dengan perahu naga dengan enam emas. Selain itu cabang olahraga renang dan judo juga masih banyak mempertandingkan nomor final.

Untuk wushu peluang Indonesia untuk mendapatkan medali emas cukup terbuka. Ada nama Lindswell dan Cindy Martono yang akan turun di nomer taijiquan. Selanjutnya ada Julius Yoga Kurniawan yang akan turun dinomor Taijijian. Begitu juga dengan Nandhira Mauriska dan Thalia Lovita yang akan turun di nomor straight sword jianshu.

Cabang olahraga perahu naga yang di hari pertama Indonesia mengumpulkan dua emas kembali menjadi incaran. Ada empat emas yang akan diperebutkan di antaranya nomor 500 meter TBR 12 crew putra dan putri. Serta 500 meter TBR 6 crew putra dan putri.

Begitu juga dengan judo yang mampu membuat kejutan dengan meraih tiga emas di hari pertama. Meski telah memenuhi target, cabang olahraga beladiri ini akan terus mengejar emas karena ada lima emas yang akan diperebutkan.

"Kami akan terus berusaha menambah pundi-pundi emas meski target kita sudah terpenuhi. Ada dua peluang lagi untuk mendapatkan emas," kata manajer judo Indonesia, Zaidun.

Prestasi judo pada SEA Games 2015 memang di luar dugaan karena saat ini banyak mengandalkan atlet muda. Namun, dengan tekad yang bulat akhirnya medali emas mampu diraih dan terus berpeluang bertambah.

Kondisi berbeda dengan anggar. Kontingen Indonesia ternyata tidak mampu memenuhi target satu emas karena medali tertinggi yang diraih hanya perak. Untuk itu, cabang olahraga lain dituntut untuk lebih maksimal.

Pada hari kedua pelaksanaan SEA Games 2015, ada 11 cabang yang dipertandingkan yaitu biliar, loncat indah, anggar, senam, judo, layar, sepak takraw, menembak, renang, perahu naga (TBR) dan wushu. Ada 41 medali emas yang bakal diperebutkan. (*)