Warga Manfaatkan Lahan Tidur untuk Tanaman Palawija

id Warga Manfaatkan Lahan Tidur

Padang, (Antara) - Sejumlah kelompok warga di Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, berhasil memanfaatkan 1.000 meter persegi lahan tidur perkotaan berupa semak menjadi areal penanaman palawija.

"Ini merupakan salah satu upaya kecamatan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari suatu hal yang belum termanfaatkan," kata Camat Padang Utara Teddy Antonius di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan kegiatan penanaman palawija pada lahan tidur semisal jagung itu, dipelopori oleh Kelurahan Lolong Belanti.

Sebagian warga setempat yang bekerja sebagai pegawai negeri dan swasta nasional memanfaatkan lahan di sekitarnya untuk ditanami palawija.

Sejauh ini, kata dia, hasil dari penanaman jagung di lahan tersebut telah dapat menambah pendapatan warga di kelurahan itu.

"Untuk bibit dari tanaman jagung dan palawija lainnya, pihak kecamatan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan koramil setempat," kata Teddy.

Hal itu, katanya, bertujuan untuk menjamin bahwa program kegiatan masyarakat tersebut diketahui pemerintah dan bersifat legal.

"Dalam melakukan konversi lahan dan penanaman palawija tersebut, pihak kecamatan juga melakukan koordinasi dengan pemilik tanah dan beberapa instansi terkait lainnya," katanya.

Ia mengatakan terkait dengan penggunaan lahan, mereka telah mendapat izin dari pemiliknya.

Untuk memudahkan proses tersebut, pihak kecamatan dan kelurahan memberikan surat jaminan kepada pemilik lahan bahwa tanah digunakan untuk pemanfaatan saja.

Selain itu, katanya, memastikan kepada pemilik bahwa tidak akan ada ada jual beli atas lahan tersebut.

Ke depan, kata Teddy, sejumlah kelurahan lain di Padang Utara bisa mengikuti upaya itu, mengingat di kawasan tersebut juga banyak memiliki lahan semak yang tidak termanfaatkan.

Pengamat bidang pembangunan pertanian dari Universitas Andalas Padang Asdi Agustar mengatakan kegiatan pertanian dapat dilakukan juga di tengah kota.

"Dengan catatan ada upaya pembaruan terhadap lahan dengan melengkapi nutrisi yang cukup," ujarnya. (*)