LAZ Semen Padang Bantu Muslim Rohingya

id Muslim Rohingya

Padang, (Antara) - Lembaga Amil Zakat (LAZ) Semen Padang mengantarkan bantuan untuk muslim Rohingya yang saat ini berada dalam penampungan di Aceh dan Medan, Rabu.

Bantuan yang diserahkan menurut pengurus LAZ Semen Padang, Muhammad Arif, berupa beras, mi instan, Al Quran, air mineral, kain sarung, baju koko, peci, mukena, jilbab, baju anak-anak, pakaian dalam dewasa pria dan wanita, handuk, pembalut, sabun mandi, dispenser, catur, deterjen, susu, sajadah, dan sikat gigi.

"Bantuan itu senilai Rp50 juta dari Lembaga Amil Zakat Semen Padang. Ada juga bantuan dari keluarga karyawan Rp1,5 juta," katanya didampingi staf LAZ Yusfik Helmi dan Kepala Bidang Penjualan Semen Padang Wilayah Sumut Achiruddin Thohir.

Bantuan untuk muslim Rohingya di Medan, menurut dia, diserahkan langsung kepada 96 pengungsi di Hotel Beras Tapi, Jalan Jamin Ginting Padang Bulan Medan. Sedangkan untuk pengungsi yang berada di Lhokseumawe, Aceh diserahkan kepada 681 orang pengungsi.

"Kami juga akan menyerahkan langsung bantuan untuk pengungsi di Langsa Aceh," kata Yusfik Helmi.

Perhatian Semen Padang Grup pada pengungsi Rohingya itu, menurutnya, didasari solidaritas sesama muslim.

"Mereka mengungsi dari negaranya karena mempertahankan akidahnya. Karena itu, sebagai sesama muslim kita wajib membantunya," ujarnya.

Kepedulian serupa juga pernah ditunjukkan Semen Padang Group pada muslim Palestina. Pada Juli 2014, LAZ Semen Padang memberikan bantuan sebesar Rp150 juta untuk rakyat Palestina.

Bantuan ketika itu diserahkan Direktur Utama PT Semen Padang Munadi Arifin kepada Ketua Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) cabang Sumatera Barat Irsyad Syafar di Wisma Indarung.

Bantuan yang diberikan untuk pengungsi Rohingya dan rakyat Palestina ini bersumber dari zakat penghasilan karyawan muslim di PT Semen Padang yang dipotong sebesar 2,5 persen setiap bulannya melalui LAZ Semen Padang. (*)