PWI Solok Gelar UKW di Bukittinggi

id PWI Solok Gelar UKW

Arosuka, (Antara) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), bekerja sama dengan Pemkab Solok dan PWI Sumbar, menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Bukittinggi pada 8 - 10 Juni 2015.

"Wartawan peserta UKW adalah yang biasa meliput dan membuat berita di Pemkab Solok berjumlah 30 orang," kata Ketua PWI Kabupaten Solok, Rusmel Datuk Sati didampingi Sekretaris Riswan Jaya dan Bendahara, Asnul Hakim di Arosuka, Rabu.

Ia mengatakan selain ke 30 wartawan peserta UKW dari Solok, juga ada lima wartawan dari daerah lain seperti tiga orang di antaranya dari PWI Tanahdatar, yang ikut menumpang tes UKW tersebut, yang Tim Pengujinya berasal dari PWI Pusat/Dewan Pers.

UKW ini kata dia, merupakan program kerja pengurus PWI Kabupaten Solok yang baru, periode 2014-2017, bisa digelar berkat dukungan penuh dari Bupati Solok Syamsu Rahim.

Bupati Solok kata Rusmel, sangat mendukung program UKW itu, dalam rangka meningkatkan kualitas insan pers, khususnya yang belum mengikuti tes UKW, yang selama ini meliput berita di Kabupaten Solok.

Untuk saat ini jelas Rusmel, dari 16 orang anggota PWI Kabupaten Solok setelah dipisah lewat proses pemekaran dengan pelaksanaan Konfercab IV PWI Perwakilan Solok, November 2014 lalu, hingga terbentuk pengurus PWI Kota Solok periode 2014-2017, yang sudah lulus tes UKW baru sebanyak tiga orang.

Selebihnya kata dia, anggota PWI Kabupaten Solok belum mengikuti tes UKW, dan dikesempatan inilah anggota PWI Kabupaten Solok akan mengikuti tes UKW yang digelar di kota wisata Bukittingi.

Selain anggota PWI Kabupaten Solok, UKW itu juga akan diikuti wartawan non PWI, yang berasal dari berbagai media massa, baik koran harian ataupun mingguan.

"Kami berharap setelah lulus tes UKW itu rekan-rekan wartawan di Kabupaten Solok memiliki kualitas dan kuantitas sumber daya sebaga insan pers yang mumpuni, selalu berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik dan menjadi wartawan yang profesional, bermartabat namun juga independen," katanya.

Terpisah, Kabag Humas Pemkab Solok, Syahrial didampingi Kasubag Pemberitaan Syofiar Adek Syam mengatakan, segala urusan yang berkait dengan masalah administrasi, termasuk jadwal pelaksanaan UKW itu, sudah siap dibuat dan disusun dengan sedemikian rupa.

"Setelah berkoordinasi dengan pengurus PWI Kabupaten Solok dan pengurus PWI Sumbar, diketahui rombongan Tim Penguji dari pusat berjumlah 7 orang, terdiri dari lima orang Penguji dan dua tenaga Sekretariat," katanya. (*)