Stadion Gelora Delta-Manahan Layak Kualifikasi Piala Dunia

id Stadion, Gelora, Delta-Manahan, Layak, Kualifikasi, Piala Dunia

Jakarta, (Antara) - Stadion Gelora Delta Sidoarjo dan Stadion Manahan Solo telah dinilai layak oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk dijadikan tempat pertandingan kandang (home) Timnas Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia 2018.

"Perwakilan AFC menginformasikan bahwa dua stadion yang layak digunakan yakni Stadion Gelora Delta dan Stadion Manahan karena memiliki single seat (satu kursi untuk satu penonton)," kata Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Azwan Karim seperti dilansir tim media PSSI di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya PSSI memberikan tiga opsi stadion kepada AFC untuk dinilai kelayakannya dalam penggunaan Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019.

Tiga stadion tersebut antara lain Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Namun Stadion Maguwoharjo dinilai belum layak untuk dijadikan tempat perhelatan pertandingan berskala internasional.

Stadion Maguwoharjo dinilai belum layak karena tidak memiliki single seat untuk penonton, pencahayaan yang belum maksimal, dan tempat untuk media yang dinilai kurang.

Namun demikian, kata Azwan, Stadion Gelora Delta dan Manahan masih memiliki banyak kekurangan dan perlu peningkatan kualitas.

"Meski dinilai bisa digunakan, tetap ada kekurangan yang harus dibenahi di Stadion Gelora Delta dan Stadion Manahan. Stadion-stadion ini bukan milik PSSI, jadi kami akan berkomunikasi dengan pengelola stadion termasuk Asprov setempat agar memperbaiki dan membenahi kekurangan yang masih ada," kata Azwan.

Kekurangan Stadion Gelora Delta adalah penambahan kursi penonton single seat yang hanya berjumlah 800, perbaikan tiang gawang, dan perbaikan papan skor elektrik.

Sedangkan Stadion Manahan harus dibenahi di bagian rumput lapangan yang perlu perbaikan dan perawatan, papan skor elektronik yang tidak memiliki penghitung waktu mundur, tiang gawang, dan keamanan stadion. (*)