Wako Payakumbuh Resmikan LKS Mitra Kenangan

id LKS

Payakumbuh, 19/5 (Antara) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) Riza Falepi meresmikan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Mitra Kenangan yang akan mengakomodasi masyarakat tidak mampu di kota itu.

"Lembaga ini akan bertanggung jawab secara khusus mengurus pendidikan orang miskin dan kegiatan sosial lainnya," kata Riza saat meresmikan LKS Mitra Kenangan di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan, lembaga ini tetap berada dibawah naungan Dinas Sosial Kota Payakumbuh yang menghimpun infak, sedekah, serta bantuan dari kalangan masyarakat dan swasta.

Ia menegaskan lembaga ini bukan tandingan dari Badan Amil Zakat atau organisasi lainnya, melainkan mitra kerja Baznas untuk menghimpun bantuan dari segala elemen masyarakat.

Ia mencontohkan, lembaga ini harus bisa membantu keluarga tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya karena selama ini masih banyak yang mengeluhkan biaya pendidikan.

"Kami tidak ingin lagi mendengar putra-putri daerah ada yang putus sekolah karena terkendala biaya," tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, lembaga ini adalah untuk kemaslahatan rakyat dalam membantu keluarga tidak mampu yang harus dikelola secara profesional, transparan, dan akuntabel.

Ia berharap, keberadaan LKS Mitra Kenangan tidak hanya pada masa kepemimpinan pemerintah saat ini, melainkan bisa dipertahankan untuk pemerintahan selanjutnya.

Ia menambahkan, LKS Mitra Kenangan sudah memiliki modal awal sebanyak Rp20 juta yang dikumpulkan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan masyarakat.(cpw12)