Napoli Kalahkan Cesena untuk Jaga Peluang Mengikuti Liga Champions

id Napoli

Milan, (Antara/AFP) - Dua gol dari pemain internasional Belgia Dries Mertens membantu Napoli meraih kemenangan tidak meyakinkan 3-2 atas Cesena yang telah terdegradasi, namun membuat mereka mendekat tiga angka dengan Lazio dan tetap berpeluang mengikuti Liga Champions pada Senin (Selasa WIB).

Napoli secara mengejutkan tertinggal terlebih dahulu pada menit ke-15 ketika pemain Prancis Gregoire Defrel menaklukkan kiper Mariano Andujar untuk mencetak satu dari dua golnya di San Paulo.

Namun tuan rumah membalas dengan cemerlang, Mertens menyamakan kedudukan dari jarak dekat menyusul kekacauan di lini pertahanan dan Manolo Gabbiadini membawa tuan rumah memimpin dua menit kemudian.

Bagaimanapun, serangan-serangan Napoli tidak diimbangi dengan pertahanan dan pada detik-detik akhir babak pertama, Defrel tidak terkawal untuk mencetak gol keduanya setelah mendapat umpan tarik dari sayap kanan, melalui sepakan yang melewati sela-sela kaki Mertens dan tidak dapat diantisipasi keseluruhan pertahanan Napoli.

Tuan rumah memperbaiki permainan setelah turun minum dan semestinya dapat kembali unggul namun sepakan Mertens melebar ke tiang jauh Federico Agliardi.

Tidak lama kemudian Mertens menebus kesalahannya, membuka jalan di sektor kiri, bergerak memotong dan memainkan operan satu-dua dengan Jose Callejon untuk menaklukkan Agliardi, serta mencetak gol penentu kemenangan.

Hasil ini membuat Napoli tetap berpeluang mengikuti Liga Champions di mana Lazio hanya unggul tiga angka atas mereka di peringkat ketiga -- yang akan memberi mereka tiket kualifikasi bagi kompetisi klub elit Eropa itu.

Dengan dua pertandingan tersisa musim ini, Napoli akan berharap Roma -- yang unggul satu angka atas Lazio -- akan membantu mereka dengan mengalahkan rival sekotanya itu Senin mendatang.

Bagaimanapun sebelum itu, Napoli akan perlu bekerja keras saat melakukan perjalanan menghadapi tim juara Juventus Sabtu ini, di mana kekalahan akan membuat Lazio hanya memerlukan hasil imbang dari pertandingan "derby" mereka untuk mengamankan peringkat ketiga.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, pelatih Fiorentina Vincenzo Montella mengungkapkan bahwa dirinya berpeluang meninggalkan klub pada musim panas jika negosiasi-negosiasi dengan pemilik dan presiden Andre Della Valle perihal masa depannya masih menemui jalan buntu.

Fiorentina mengambil langkah besar untuk satu tempat di Liga Europa musim depan melalui kemenangan 3-0 atas Parma yang telah terdegradasi, untuk mengukuhkan posisinya di peringkat kelima.

Namun Montella, yang telah dikaitkan dengan sejumlah klub papan atas Italia termasuk AC Milan, mengindikasikan bahwa dirinya berpeluang meninggalkan Stadion Artemio Franchi.

"Saya ingin kami finis di peringkat kelima dan menyelesaikan perjalanan yang kami lewati bersama sejak tiga tahun silam, para pemain layak mendapatkannya," kata Montella kepada Sky Sport setelah timnya menang 3-0 atas Parma.

"Kemudian, presiden dan saya akan duduk dan mencari tahu apakah kami memiliki hal-hal yang tepat untuk dikerjakan bersama-sama," tambah pria 40 tahun ini.

Pasukan Montela tersingkir dari Liga Europa setelah menelan kekalahan agregat 0-5 dari juara bertahan Sevilla pada pekan lalu.

Namun Si Ungu telah menatap kompetisi strata kedua Eropa itu untuk musim depan, setelah gol-gol dari Gonzalo Rodriguez,

Alberto Gilardino, dan Mohamed Salah membantu klub asal Florence itu merebut kembali peringkat kelima dari Genoa.

Fiorentina terpaut 23 angka di belakang tim juara Juventus, yang akan menghadapi Lazio di final Piala Italia pada Rabu dan kemudian bermain melawan Barcelona di final Liga Champions di Berlin pada 6 Juni.

Tetapi pasukan Montella kini unggul empat angka atas tim peringkat ketujuh Sampdoria dengan dua pertandingan tersisa. (*)