SDN 29 Padang Optimis Lolos Sekolah Adiwiyata

id Sekolah Adiwiyata

Padang, (Antara) - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 29 Padang, Sumatera Barat (Sumbar) optimis akan lolos dalam penilaian sekolah adiwiyata tingkat nasional tahun 2015.

"Kami sudah mempersiapkan dan jalankan sesuai dengan kategori sekolah adiwiyata," Kata koordinator sekolah adiwiyata SDN 29 Padang, Sulastri, di Padang, Minggu (10/5).

Ia mengatakan, siswa diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan dan merawat tanaman yang ada di sekolah, bahkan hal tersebut bisa dijadikan sebagai pembelajaran untuk siswa.

"Siswa bisa belajar dari alam, seperti pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan mempelajari banyak tumbuh-tumbuhan," katanya.

Selain itu, katanya siswa juga selalu diajarkan untuk memilah sampah kering dan basah, serta mengolahnya menjadi sesuatu yang berguna seperti pupuk kompos.

Ia menjelaskan, siswa dan juga guru-guru melakukan beberapa kegiatan untuk menjaga kebersihan lingkungan luar sekolah, seperti membersihkan masjid, kantor kelurahan dan lingkungan sekitar warga.

"Anak-anak terlihat antusias melakukannya, bahkan orangtua dari siswa pun ikut terlibat dalam kebersihan sekolah," ujarnya.

Ia berharap SDN 29 tahun ini bisa lolos sekolah adiwiyata tingkat nasional, karena SDN 29 Padang sudah dua kali lolos dalam sekolah adiwiyata tingkat provinsi yaitu pada tahun 2013 dan 2014.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan program adiwiyata sangat bagus untuk sekolah, karena sekolah ikut dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Menurutnya, dua hal yang penting dalam sekolah adalah lingkungan sekolah bersih dan proses pembelajaran yang menyenangkan.

"Lingkungan yang bersih akan meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar, sehingga membuat proses pembelajaran yang menyenangkan," katanya. (*)