Buruh Bengkalis Peringati May Day dengan Penghijauan

id Bengkalis, May Day, Penghijauan

Bengkalis, (Antara) - Federasi serikat pekerja menyatakan peringatan hari buruh internasional atau "May Day" di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, tidak dilakukan dengan aksi unjuk rasa seperti daerah lainnya, melainkan dirayakan dengan melakukan aksi penghijauan.

Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Transpor Indonesia Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPTI-SPSI) Kabupaten Bengkalis, Mashuri, di Bengkalis, Rabu, mengatakan peringatan "May Day" pada 1 Mei akan dilaksanakan dengan menanam pohon.

"Tahun ini kita tidak ada demo, tidak ada unjuk rasa damai, kita akan isi May Day dengan hal positif, penanaman bibit pohon di sepanjang jalan Bantan," katanya.

Ia mengatakan, bibit pohon tersebut akan disediakan oleh Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Bengkalis.

"Alhamdulillah, Kadishut sangat merespon dan menyambut baik kegiatan tersebut, dan pihaknya akan menyediakan bibit mahoni sekitar 3000 bibit," katanya, Rabu.

Mashuri menjelaskan, selain dilakukan dengan aksi penghijauan menanam pohon, FSPTI SPSI juga akan menggelar kontes burung yang akan dipusatkan di dilapangan Pasir Taman Andam Dewi.

"setelah kegiatan penanaman pohon, pada tanggal 10 Mei kita langsung menyelenggarakan Kontes Burung berkicau, dan dalam kontes ini kita akan bekerja sama dengan Asosiasi Burung Bengkalis, dan F- SPTI-SPSI kabupaten Bengkalis akan menjadi seponsor utama dalam kegiatan Kontes ini," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan sempena hari buruh nasional itu, melibatkan 700 anggota FSPTI-SPSI.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak Makodim 0303 Bengkalis dan Polres kabupaten Bengkalis, serta dinas terkait, agar bersama- sama F.SPTI-SPSI, melakukan penghijauan tersebut.

"Dan hal ini juga sudah saya laporkan ke Bupati bengkalis, dan pak bupati mengapresiasi kegatan kita, bahkan ia setuju dan menyarankan penanaman dilakukan sebagus mungkin," jelasnya. (*)