Pansus DPRD Agam Lahirkan 45 Rekomendasi LKPj Anggaran 2014

id Agam, Pansus, LKPj 2014

Lubuk Basung, (Antara) - Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), melahirkan 45 butir rekomendasi terhadap Laporan Keuangan dan Pertanggungjawaban (LKPj) anggaran tahun 2014.

Rekomendasi itu dibacakan Ketua Pansus, Arman J Piliang, saat rapat paripurna DPRD Agam di aula utama DPRD setempat, Senin.

Pada kesempatan itu, Arman J Piliang, mengatakan, 45 rekomendasi itu terdiri dari 37 butir bersifat global dan tujuh butir bersifat mendasar bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Rekomendasi yang dilahirkan ini berkat kerja keras anggota Pansus dalam memperoleh data dari Asisten dan SKPD di Pemkab Agam. Selain itu, kunjungan kerja yang telah dilakukan di SKPD dan lembaga pemerintah lainnya di kabupaten dan kota di luar Provinsi Riau," katanya.

Ia menambahkan, ke 45 rekomendasi itu diantaranya, Pemkab Agam diminta mengurangi kegiatan seremonial yang dirasakan kurang efektif untuk mengurangi beban belanja daerah.

Lalu, Bupati Agam agar meningkatkan fungsi pengawasan dan pembinaan terhadap seluruh SKPD, sehingga antar SKPD dapat bersinergi dan berjalan dengan baik dalam rangka terwujudnya visi dan misi kepala daerah.

Selain itu, Bupati Agam agar lebih optimal lagi meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pembinaan mental aparatur, profesionalisme dan etos kerja. Bupati dapat menugaskan Inspektorat Agam mengoptimalkan pemerintah terhadap pengunaan dana BOS di setiap penerima dan lainnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Agam, Marga Indra Putra berharap kepada bupati untuk menjadikan rekomendasi ini untuk acuan dalam menjalankan roda pemerintahan, sehingga daerah itu ke depan semakin baik.

"Rekomendasi yang dilahirkan Pansus DPRD Agam ini untuk kemajuan Kabupaten Agam kedepan," katanya.

Bupati Agam Indra Catri, mengatakan, pihaknya berupaya untuk menjalankan rekomendasi ini, karena Pansus telah mengkaji LKPJ ini sangat dalam.

"Terimakasih atas masukan ini demi kebaikan Agam ke depan dan mudah-mudahan pada tahun ini, saya akan menyelesaikan persoalan yang masih tinggal," kata bupati. (*)