DPRD Sumbar Tinjau Perkembangan Pariwisata Bukittinggi

id DPRD Sumbar, Pariwisata, Bukittinggi

Padang, (Antara) - Komisi V Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Sumatera Barat (Sumbar) meninjau perkembangan wisata Kota Bukittinggi guna memperoleh gambaran nyata pembangunan pariwisata di daerah itu.

"Mengingat Bukittinggi sudah terkenal secara nasional bahkan internasional sebagai kawasan wisata, maka kami mengambil satu contoh yakni Bukittinggi ini dengan mengunjungi Kebun Binatang Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) dan panorama Bukittinggi," kata Ketua Komisi V, Mohklasin saat kunjungan di Bukittinggi, Kamis.

Ia mengatakan, dalam upaya meningkatkan perkembangan kawasan wisata di Bukittinggi pihaknya tidak bisa banyak berperan, karena kewenangan provinsi hanya sebatas membantu dengan dana "sharing".

"Dana sharing kami berikan untuk daerah destinasi wisata, khususnya pada panorama Bukittinggi, yakni sebesar Rp220 juta, sedangkan dari APBN sebesar Rp1 miliar," ujarnya.

Ia meminta pihak-pihak terkait kepariwisataan bisa bersatu dengan melaksanakan perannya masing-masing sehingga dapat mengoptimalisasikan potensi wisata yang ada.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V Amiarti mengatakan kondisi kawasan destinasi wisata yang telah dikunjungi tersebut perlu banyak pembenahan.

"Pembenahan dari segi kebersihan masih perlu ditingkatkan. Penertiban pedagang di kawasan wisata juga perlu perhatian karena bukannya kesehatan lingkungan namun pengunjung juga harus diutamakan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, dari segi keamanan dan penentuan tarif parkir masih memprihatinkan. Ia mengimbau kekurangan tersebut segera dibenahi untuk meningkatkan jumlah pengunjung. (cpw2)