44 Album Dirilis Saat Record Store Day

id Musik

Jakarta, (Antara) - Sebanyak 44 album dalam berbagai format seperti kaset, compact disc (CD), piringan hitam, dan digital video disc (DVD) dari musisi Indonesia dirilis pada Record Store Day Indonesia 2015 di Jakarta, Sabtu.

"Tahun ini memang lebih banyak musisi yang merilis albumnya, tahun lalu hanya ada 10 artis yang merilis album," kata salah satu panita Record Store Day 2015 Savira Ayu Anisya.

Namun, artis-artis yang mengeluarkan album baru maupun rilis ulang tidak mencetak dalam jumlah banyak, paling banyak hanya 100 cetakan.

"Memang dibuat terbatas. Jadi, yang sudah habis di sini sudah 'enggak' cetak lagi. Misalnya album Timeless dari Rumahsakit yang versi kaset, tadi sudah habis dalam waktu dua jam," katanya.

Artis yang merilis di Record Store Day 2015 ini antara lain Guruh Soekarno Putra dengan album Pagelaran Karya Cipta Satu yang dicetak dalam bentuk piringan hitam dengan harga Rp375 ribu per keping, The Upstair yang merilis ulang EP Antah Berantah dalam format kaset dan CD dengan harga Rp50.000 per item, Planetbumi, Mondo Gascaro, dan Bangkutaman.

Selain jumlah rilisan yang bertambah, jumlah tenant yang menjajakan bermacam rilisan fisik pun semakin meningkat.

Jika tahun lalu hanya ada sekitar 11 tenant, tahun ini ada 90 tenant yang ikut serta.

"Memang yang ini lebih besar karena kita bekerja sama dengan GoAhead Jakarta," kata Savira.

Record Store Day adalah sebuah gerakan internasional yang diselenggarakan di seluruh dunia sebagai bentuk apresiasi bagi industri rekaman musik. (*/sun)