KPU Lampung Timur Luncurkan Pilkada Serentak

id Lampung Timur, Pilkada Serentak

Sukadana, (Antara) - Peluncuran Pilkada Serentak di Lampung digelar KPU Kabupaten Lampung Timur yang menandai akan dimulai pemilihan kepala daerah secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk Lampung, akan digelar 9 Desember 2015.

"Hari Jumat (17/4) ini secara nasional KPU Pusat melaksanakan peluncuran pilkada serentak di Indonesia termasuk di Lampung Timur, dan acara ini menandakan dimulai pelaksanaan pilkada itu," ujar Ketua KPU Lampung Timur, Andri Oktavia di Sukadana, Sabtu.

Menurut dia, dengan adanya peluncuran pilkada serentak ini menunjukkan sebuah komitmen bersama antara KPU sebagai penyelenggara, partai politik, aparat keamanan dan masyarakat agar tercipta suasana tertib dalam pelaksanaannya.

Dalam Peluncuran Pilkada Serentak yang juga digelar di Lampung Timur ini, Ketua KPU Lampung Timur juga menjelaskan persiapan dan tahapan, anggaran serta program penyelenggaraan pemilihan kepala daerah itu.

"Mulai 19 April, KPU Lampung Timur akan membentuk penyelenggara ad hoc, seperti PPK, PPS, KPPS," ujarnya.

Tentang anggaran, dia menyatakan, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur telah menganggarkan dana bagi KPU setempat dalam penyelenggaraan pilkada sebesar Rp17,5 miliar, dan dari anggaran tersebut akan ditambah kembali dalam anggaran perubahan sebesar Rp7,5 miliar. "Sehingga total anggarannya sekitar Rp25 miliar," ujarnya.

Anggaran tersebut. sebanyak Rp14,5 miliar akan digunakan untuk membiayai PPK, PPS, dan KPPS, dan untuk logistik pilkada sebesar Rp2,5 miliar.

Ketua KPU Lampung Timur ini juga mengungkapkan bahwa di Kabupaten Lampung Timur masih terdapat sejumlah permasalahan terkait tingkat partisipasi pemilih.

Menurut dia, dari data terakhir pada pilpres yang lalu terdapat 56 desa yang memiliki tingkat partisapi rendah dalam pemilu presiden itu.

"Rendahnya tingkat partisipasi tersebut mencapai kurang dari 65 persen," katanya.

Komisioner KPU Provinsi Lampung Ahmad Dio Aliansyah yang hadir dalam acara peluncuran pilkada serentak itu, mengapresiasi pelaksanaan peluncuran pilkada serentak oleh KPU Lampung Timur yang pertama kali di Lampung.

Menurut dia, dari delapan kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada di Provinsi Lampung, Lampung Timur merupakan Kabupaten yang pertama kali melaksakan peluncuran pilkada serentak.

"Saya mengapresiasi tinggi acara Peluncuran Pilkada Serentak ini, sehingga masyarakat bisa mengetahui bahwa pilkada di Lampung Timur telah dimulai dan berjalan, mudah-mudahan kabupaten yang lain segera mengikuti," ujarnya.

Ia berharap, acara peluncuran pilkada serentak itu bukan dianggap hanya sebagai acara seremonial, tapi merupakan langkah awal KPU setempat agar bisa sukses menyelenggarakan tugasnya. (*)