Forum Komunikasi Fotografer Sumbar Adakan Pameran Foto

id Forum Komunikasi Fotografer Sumbar Adakan Pameran Foto

Padang, (Antara) - Forum Komunikasi Fotografer Sumatera Barat (Sumbar), akan mengadakan pameran foto hasil karya fotografer Sumbar pada 30 Maret hingga 5 April 2015 di galeri foto Taman Budaya Kota Padang.

Ketua Panitia Pameran Foto, Rafi Tanjung di Padang, Rabu, mengatakan ada 52 foto yang akan ditampilkan dengan tema bebas dari foto yang diambil oleh fotografer-fotografer yang ada di Sumatera Barat.

"Sebanyak 52 foto itu merupakan hasil karya 22 wartawan foto Sumbar," katanya.

Ia menjelaskan, sebenarnya ada 35 wartawan foto di Sumbar, tetapi karena keterbatasan jarak dan waktu, hanya 22 wartawan foto saja yang diikutkan.

Untuk mengikuti pameran ini, katanya syarat foto yang ditampilkan harus foto yang pernah memenangi penghargaan dari nasional maupun internasional.

Dalam pameran foto ini, foto yang paling menonjol adalah foto gempa yang diambil oleh Muhammad Fitrah yang merupakan peraih anugerah foto jurnalistik adinegoro tahun 2009, serta foto pacu jawi yang diambil oleh Iggoy el Fitra yang meraih penghargaan APFI (Anugerah Pewarta Foto Indonesia) V.

"Foto gempa 2009 yang diambil oleh Muhammad Fitrah merupakan peraih anugerah jurnalistik adinegoro 2009 dan termasuk dalam 20 foto terbaik di dunia," tuturnya.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan silaturrahmi untuk tanggal 4 April yang dimulai dengan pameran foto, rangkaian acara ini berisi silaturrahmi antar-fotografer dan memberi penghargaan kepada fotografer yang sudah berprestasi.

Ia mengungkapkan, acara ini merupakan lanjutan dari kegiatan silaturahmi fotografer se-Sumatera Barat yang diadakan setiap dua tahun sekali yang sebelumnya pada 2013 diadakan di Kota Bukittinggi.

Katanya, jumlah pengunjung yang datang ke pameran ini biasanya cukup ramai, sekitar 25 hingga 35 orang per hari.

"Tetapi banyak juga tamu yang datang tetapi tidak mengisi buku tamu," lanjutnya. (**/cpw9)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar